Resep dan Cara Membuat Combro Isi Daging Sayur

Resep dan Cara Membuat Combro Isi Daging Sayur – Combro adalah salah satu jajanan cemilan khas sunda. Makanan tersebut terbuat dari singkong yang diberi oncom didalamnya sehingga nama combro sendiri adalah singkatan dari oncom di jero.

Untitled

Combro mulai dikenal banyak orang karena memiliki rasa yang gurih dan renyah. Selain itu adanya oncom yang biasanya memiliki rasa yang pedas menambah nikmat cemilan tersebut dan karena berbahan dasar singkong yang merupakan karbohidrat membuat cemilan ini menjadi pengganjal rasa lapar yang tepat.

Makanan combro ini banyak dijual dipinggir jalan bersamaan dengan jajanan gorengan lainnya. Jadi buat kamu yang kangen dengan cemilan ini tidak perlu kesulitan karena hampir sering dijumpai di pedagang gorengan- gorengan yang ada.

Namun, sebenarnya membuat sendiri combro juga sangatlah mudah bahkan kamu dapat menambahkan bahan lain menjadi bagian isi combro tersebut. pada resep makanan kali ini akan ditambahkan daging sapi cincang dan sayur sebagai isian combro agar memiliki cita rasa yang lebih lezat dan bergizi tentunya.

Bahan- bahan yang harus disiapkan dalam membuat combro isi daging sayur adalah 1 kg singkong yang diparut, 1 batang daun bawang yang diiris kecil- kecil, kelapa 100 gr, 2 sendok makan tepung kanji, setengah kg daging sapi atau ayam yang dicincang, wortel yang dipotong menjadi kotak- kotak kecil, cabai rawit, 2 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, 1 batang daun bawang, gula pasir, 1 sendok teh merica bubuk, garam, dan minyak.

Cara membuatnya adalah campurkan singkong dan kelapa yang telah diparut, tambahkan dengan tepung kanji, irisan daun bawang dan garam secukupnya lalu aduk dan uleni hingga merata. Untuk membuat isian combro haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai sebagai bumbu untuk isian combro dan tumis hingga harum.

Kemudian masukan daging cincang, tambahkan garam, gula, dan merica aduk hingga merata. Masukan wortel kedalam adonan isisan combro lalu tumis semuanya hingga daging berubah warna menjadi kecoklatan dan wortel tidak terlalu keras.

Ambil beberapa bagian bahan combro lalu pipihkan dan masukan isian daging dan sayur tersebut dan bentuk menjadi bulatan- bulatan atau sesuai dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan.

Setelah semua selesai dibentuk, panaskan minyak goreng dan masukan combro satu- persatu lalu goreng hingga combro berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan dari minyak. Combro isi daging dan sayur siap dihidangkan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *