Resep dan Cara Membuat Jajanan Cimol nan Gurih

Resep dan Cara Membuat Jajanan Cimol nan Gurih – Cimol merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung kanji seperti cireng dan cilok. Sebenarnya cimol ini hampir sama seperti cireng hanya saja bentuknya yang berbeda.

Untitled

Cimol memiliki ukuran yang lebih kecil dan berbentuk bulatan- bulatan seperti cilok hanya saja cimol ini digoreng dengan menggunakan minyak. Awalnya ssat cimol pertama kali muncul sebagai jajanan hanya diberi bumbu rasa asin dari garam dan penyedap rasa serta jika ingin rasa pedas tinggal ditambahkan dengan bumbu cabai yang berwarna merah.

Hanya saja seiring semakin populernya cimol dan banyak dicari oleh orang-orang pecinta kuliner, cimol mulai dimodifikasi dengan menambahakan beragam bumbu rasa sehingga cimol tersebut semakin lezat dan nikmat.

Banyak varian rasa yang dapat ditambahakan sebagaibumbu cimol seperti keju, jagung bakar, jagung manis, barbeque, dan masih banyak lagi.

Bumbu yang ditambahkan sebagai pelengkap rasa diaduk bersama cimol tersebut hingga semua bumbu rata. Cara makan jajanan tersebut adalah dengan menggunakan tusukan yang terbuat dari kayu.

Awalnya jajanan ini hanya dijumpai pada pedagang yang membawa dagangannya dengan cara dipanggul dan biasanya pedagang tersebut berada di sekolah- sekolah. Sehingga cimol ini dikenal sebagai jajanan saat sekolah.

Namun, sekarang banyak pedagang yang menjual cimol dengan gerobak dan dengan varian rasa. Biasanya pedang- pedangan cimol tersebut berada di pinggir jalan sehingga mudah ditemukan oleh para pembeli yang menyantap cimol. Pembuatan cimol tersebut sangatlah mudah dan kamu dapat mempraktekannya sendiri di rumah.

Bahan- bahan yang harus disiapkan berupa 300 gr tepung kanji, , 2 siung bawang putih yang dihaluskan, garam, penyedap rasa, air, dan minyak untuk menggoreng. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampurkan tepung kanji dengan bumbu- bumbu yang telah disiapkan tersebut. lalu tambahakan air panas sedikit demi sedikit dan aduk hingga merata.

Uleni adonan cimol tersebut hingga tidak menempel lagi ditangan dan menandakan adonan siap untuk di bentuk. adonan tersebut dibentuk menjadi bulatan- bulatan kecil dan setelah itu goreng dengan minyak yang telah dipanaskan sebelumnya.

Sebaiknya minyak yang digunakan cukup banyak agar semua adonan cimol terendam minyak dan matang sebentar. Menggoreng cimol ini cukup hanya sebentar lalu angkat dan tiriskan dari minyak. Tambahkan bumbu sesuai rasa yang didinginkan untuk menambah cita rasa cimol dan aduk bumbu tersebut hingga rata dan melumuri semua cimol.

Bumbu- bumbu yang dapat ditambahkan telah tersedia dan dijual banyak di pasar maupun supermarket. Begitupula dengan bumbu cabai bubuk bila ingin menambahkan rasa pedas pada cimol. Cimolpun siap untuk disantap.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *