Resep Dan Cara Membuat Kopi Tarik Khas Aceh

Kopi tarik dari Aceh begitu populer di Indonesia hingga mancanegara terutama bagi para pecinta kopi, minuman panas ini familiar ditujukan bagi turis mancanegara hingga turis domestik karena memiliki cita rasa mantap dan cara penyajiannya yang unik sehingga kopi tarik terkenal beda dengan kopi – kopi lain seperti kopi Bali.

Proses tarik dalam tehnik membuat kopi tarik ternyata memiliki pengaruh besar terhadap cita rasa kopi yang disuguhkan. Ritual menyeduh kopi yang unik di Aceh ini sudah dilakukan sejak dulu yaitu turun – temurun di desa – desa yang ada di Aceh.

n 59

Metode tarik seperti inilah yang menjadi icon sehingga kopi tarik di Aceh menjadi terkenal di mancanegara khususnya di Jepang.

Sekedar informasi, aksi tarik tersebut di atas bukan merupakan aksi gaya – gayaan saja, hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan cita rasa kopi yang nikmat karena semakin lama ditarik, cita rasa kopi akan semakin lezat.

Awal membuat kopi tarik adalah dimulai dari menyediakan air panas yang akan digunakan untuk menyeduh kopi, dimana kondisi air harus benar – benar mendidih.

Untuk mendapatkan segelas kopi tarik khas Aceh yang nikmat, anda tak perlu datang jauh – jauh ke Aceh sekedar mengunjungi kedai – kedai kopi untuk dapat minum segelas kopi tarik  yang telah melegenda di dunia tersebut. Sebab, anda dapat meracik sendiri kopi tarik khas Aceh di rumah. Apakah Anda ingin mencoba ?

Resep kopi tarik khas Aceh :

  • 1 sdm bubuk kopi
  • 200 ml air panas
  •  Susu kental manis secukupnya.

Cara membuat kopi tarik khas Aceh :

  • Seduh kopinya seperti biasa lalu simpan dengan menggunakan gelas yang besar dan diamkan selama 5 menit.
  • Campurkan susu kental manis secukupnya (sesuai selera masing – masing).
  • Siapkan gelas lainnya , tuangkan campuran kopi dan susu ke dalam gelas tersebut,
  • lakukan dengan cara berulang – ulang dari  gelas  satu  ke  gelas  berikutnya  sampai mengeluarkan busa (disarankan memakai gelas sebagai media awal pembuatan kopi tarik,
  • bisa juga dengan menggunakan saringan halus seperti kaos kaki,
  • media ini yang sering digunakan pada kedai – kedai kopi Aceh yang menyediakan menu khas Aceh bernama kopi tarik ) Kopi tarik siap di hidangkan dan di nikmati.

Baca Artikel Lainnya :

Proses penuangan kopi yang dilakukan berulang itu akan membuat panas kopi menjadi berkurang sehingga lebih mudah untuk dinikmati.

Selain para pelancong tertarik dengan ritual penyeduhan dengan gaya tarik, kualitas kopi pun menentukan cita rasa kopi yang diseduh. Demikian info dari kami, semoga bermanfaat !

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *