Resep dan Cara Membuat Mie Sendiri di Rumah

Resep dan Cara Membuat Mie Sendiri di Rumah – Siapa yang tak kenal dengan mie? Ya makanan yang berbahan dasar tepung dan dibentuk menjadi panjang dan tipis ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari- hari.

Untitled

Mie sering dikonsumsi oleh semua kalangan baik anak- anak maupun orang dewasa karena mie dikenal lebih praktis.

Selain itu adanya tambahan bumbu- bumbu dan bahan pelengkap lainnya membuat mie semakin lezat dan menjadi salah satu makanan favorit disegala waktu. Tapi sebenarnya bagaimana ya makanan mie tersebut menjadi populer?

Mie pada awalnya di buat oleh seseorang di negeri Cina pada saat dinasti Han. Mie tersebut dibuat menjadi tipis dan berbentuk panjang dengan maksud sebagai simbol kehidupan yaitu berharap memiliki umur yang panjang.

Karena adanya filosofi tersebut, mie sering dihidangkan sebagai makanan wajib untuk menjamu tamu- tamu pada saat acara ulang tahun. Mie tersebut juga sering menggantikan kue sebagai makanan utamanya pada acara ulang tahun.

Selain saat acara ulang tahun, mie juga sering dihidangkan untuk acara besar dan sering disajikan pada acara kerajaan- kerajaan. Makanan yang berbahan dasar tepung ini sebenarnya adalah pengganti nasi dimana tanaman padi sulit untuk ditanam dan jarang untuk dibudidayakan di negara tersebut.

Namun, karena tepung memiliki peranan yang sama seperti nasi yaitu sebagai sumber karbohidrat yang dapat menghasilkan energi, maka dibuatlah tepung tersebut menjadi mie.

Begitu populernya mie di negeri Cina, mulailah mie tersebar di negara- negara Asia dengan cepat. Mie tersebut ternyata sangat digemari dan mulai sering dikonsumsi. Mie- mie tersebut mulai di olah menjadi variasi makanan mie yang lainnya sehingga tidak kalah lezat.

Di negara Indonesia sendiri mie menjadi makanan yang banyak dicari oleh banyak orang. Macam- macam makanan yang diolah dari mie seperti mie ayam, mie bakso, mie goring, dan mie instan.

Sebenarnya kita dapat membuat sendiri mie di rumah loh. Bahan- bahan yang harus disiapkan cukup telur dan tepung terigu. Kedua bahan tersebut kemudian diaduk hingga merata dan tambahakan air secukupnya. Untuk menambahkan rasa pada mie tambahkan pula gula dan garam. Setelah semua rata tercampur diamkan adonan mie selama 15 menit.

Baca Artikel Lainnya :

Setelah itu adonan dibentuk seperti rol yang memanjang dna dipipihkan untuk kemudian dipotonng menjadi ukuran- ukuran mie yang diinginkan. Setelah selesai masukan mie tersebut kedalam air panas untuk kemudian direbus hingga matang.

Mie yang telah selesai dibuat dapat diolah kembali menjadi bermacam- macam makanan. Selain lebih hemat, membuat mie sendiri di rumah tentunya lebih bersih dan tanpa adanya campuran bahan pengawet sehingga lebih sehat.

Karena bahan pengawet tersebut akan berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama apabila sering dikonsumsi.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *