Resep dan Cara Membuat Sendiri Cemilan Cireng Isi

Resep dan Cara Membuat Sendiri Cemilan Cireng Isi – Cireng merupakan salah satu jajanan favorit banyak orang. Makanan ini memiliki rasa yang kenyal dan gurih sehingga sangat lezat dan tepat untuk dijadikan cemilan.

Untitled

Cireng berasal dari kota Bandung yang sebenarnya adalah singkatan dari aci digoreng. Sesuai dengan nama singkatannya, karena makanan ini berasal dari suku sunda jadi nama dari aci itu sendiri adalah nama daerah sunda untuk istilah tepung kanji.

Karena makanan yang berbahan dasar tepung kanji ini digoreng jadi disebutlah cireng. Keberadaan cireng biasanya dapat kita temui di jajanan pinggir jalan yang dijual bersamaan dengan jajanan gorengan lainnya.

Cireng yang dijual tersebut merupakan cireng original atau cireng yang asli dan belum ada penambahan varian lainnya. Karena jajanan ini banyak digemari dan dicari orang sehingga cireng banyak yang dijual terpisah dan dengan penambahan kreasi baru. Salah satunya adalah cireng isi.

Cireng isi menjadi jajanan yang sangat populer karena dalam cireng tersebut ditambahakan makanan pelengkap lainnya seperti sosis, daging sapi, baso, keju, dan yang lainnya. Selain itu terdapat pula cireng isi dengan tingkat rasa pedas. Jadi buat kamu- kamu yang pecinta kuliner pedas sekarang juga dapat menikmati cireng sesuai tingkat level pedasmu.

Cireng isi juga dapat kamu buat sendiri di rumah loh. karena sebenarnya pembuatan jajanan ini sangatlah mudah dan membutuhkan bahan- bahan yang sederhana. Bahan- bahan yang harus disiapkan berupa 300 gr tepung kanji, 150 gr tepung terigu, 2 siung bawang putih yang dihaluskan, merica, garam, penyedap rasa, air, dan minyak untuk menggoreng.

Sedangkan untuk membuat isian cireng dapat kamu pilih sesuai dengan selera. Selain itu apabila ingin membuat isian cireng dengan rasa pedas kamu dapat menambahkan bumbu lain seperti cabai merah dan cabai rawit yang telah dihaluskan dan dicampurkan dengan isian tersebut.

Langkah awal membuat adonan cireng adalah dengan mencampurkan tepung kanji dan tepung terigu lalu masukan bumbu- bumbunya. Tambahkan air panas yang masih mendidih lalu aduk hingga merata. Uleni adonan hingga tidak menempel lagi pada tangan.

Setelah selesai ambil beberapa bagian cireng lalu masukan dengan isian yang telah dibuat tersebut sesuai selera. Bentuk cireng tersebut menjadi bentuk yang diingkan atau dapat dengan menggunakan cetakan. Setelah selai goreng cireng isi tersebut dan sajikan selagi hangat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *