Resep dan Cara Membuat Sendiri Jajanan Cilok Bumbu Kacang

Resep dan Cara Membuat Sendiri Jajanan Cilok Bumbu Kacang – Cilok sebenarnya merupakan singkatan dari aci di colok. Makanan ini merupakan makanan yang berasal dari kota Bandung.

2

Aci adalah nama dari daerah Sunda yang berarti tepung kanji atau tepung sagu. Jadi cilok tersebut merupakan jajanan yang berbahan dasar dari tepung kanji namun karena bentuknya yang ditusuk dengan menggunakan batang kayu atau batang bambu maka disebutlah sebagai cilok.

Awal mula dijualnnya cilok biasanya dapat kita temukan di sekitaran jajanan sekolah dasar. Namun, karena memiliki rasa yang enak sebagai cemilan yang juga dapat mengganjal perut yang lapar buat kamu yang kangen dengan jajanan sewaktu SD ini bisa kamu temukan hampir di semua jajanan pinggir jalan.

Jadi kamu tidak perlu susah- susah harus ke SD kamu yang dahulu hanya untuk mencicipi kembali jajanan ini. Cilok biasanya lebih enak disajikan saat panas dan ditambahkan dengan saus atau kecap sehingga menambah cita rasa dari cilok tersebut.

Namun, seiring berkembangnya jaman sekarang cilok juga banyak divariasikan dengan tambahan bumbu- bumbu lainnya. Ada cilok dengan bumbu kacang hingga skrg ada cilok yang tidak lagi direbus melainkan ada yang digoreng. Semua variasi cilok tesrebut sama- sama memiliki rasa yang lezat. Jadi kamu bisa pilih tinggal mau makan cilok dengan varian apa.

Membuat cilok sebenarnya amatlah mudah dan dapat kita buat sendiri di rumah. Jajanan di pinggir jalan memang tergolong ekonomis dan lebih praktis tapi soal kebersihan belum tentu terjamin bukan?

Oleh karena itu yuk kita buat sendiri jajanan yang berbentuk bulat ini di rumah. Selain lebih bersih juga jadi lebih sehat karena bahan- bahan yang digunakan merupakan bahan- bahan yang kita tahu asal pembuatannya.

Bahan- bahan yang harus disiapkan untuk membuat cilok adalah 200 gr tepung kanji, 200 gr tepung terigu, 400 ml air, 1 sendok teh penyedap rasa kaldu ayam, sedikit merica bubuk, 2 siung bawang putih yang dihaluskan, dan air yang disiapkan dalam panic untuk merebus cilok tersebut.

Sedangkan untuk bumbu kacang sebagai penambah rasa pada cilok bahan- bahna yang harus disiapkan adalah 150 gr kacang tanah, garam, gula, cabai merah, cabai rawit, setengah sendok teh cuka, dan air.

Cara pembuatan adonan cilok hal yang dilakukan ialah campurkan tepung kanji dan tepung terigu lalu masukan bumbu- bumbu seperti bawang putih, garam, merica, dan penyedap rasa. Panaskan air dan masukan kedalam adonan tersebut.

Aduk semua bahan hingga merata kemudian uleni. Bila adonan sudah tidak menempel ditangan maka adonan tersebut dapat dibentuk menjadi bulatan- bulatan dengan ukuran sesuai selera.

Kemudian rebus cilok- cilok tersebut dengan air mendidih hingga matang. Untuk membuat bumbu kacang adalah dengan menghaluskan kacang yang telah digoreng dengan cara ditumbuk atau diblender.

Pindahkan kacang yang telah halus terebut kedalam mangkuk. Setelah itu tambahkan bumbu seperti garam dan gula secukupnya. Bila ingin bumbu kacang yang pedas tambahkan cabai merah dan cabai rawit sesuai selera yang sebelumnya telah ditumis dan dihaluskan dengan ditumbuk.

Tambahkan sedikit cuka untuk menambah rasa asam dan segar pada bumbu tersebut. Setelah bumbu kacang selesai dibuat masukan cilok yang telah matang dan ditusuk seperti sate. Cilokpun siap dihidangkan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *