Resep dan Cara Membuat Sendiri Somay yang Lezat dan Sehat

Resep dan Cara Membuat Sendiri Somay yang Lezat dan Sehat – Somay merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit banyak orang. Makanan ini juga terkadang disebut sebagai jajanan karena biasanya dijual di pinggir-pinggir jalan dan dijadikan sebagai kudapan atau makanan cemilan.

Untitled

Somay dibuat dari daging ikan yang digiling sehingga menghasilkan rasa yang lembut. Somay tersebut dimasak dengan cara dikukus bersamaan dengan makanan pelengkap lainnya seperti tahu, kentang, kol, dan pare.

Somay beserta makanan- makanan pelengkap tersebut biasanya disajikan bersamaan dengan saus kacang yang semakin menambah cita rasa menjadi sangat lezat.

Sebenarnya somay di negeri Cina disebut juga sebagai makanan sejenis Dimsum. Bentuk dan cara pembuatannya juga hampir sama hanya saja yang membedakan adalah saus yang menjadi pelengkap makanan tersebut.

Biasanya somay disajikan bersamaan dengan saus kacang sedangkan dimsum disajikan bersamaan dengan saus yang agak cair. Di negeri Cina sendiri somay terbuat dari daging babi yang yang dicincang halus dan ditambahkan bahan pelengkap lainnya. Namun, di Indonesia somay diadaptasi dan buat dari bahan daging ikan.

Pembuatan somay sendiri sebenarnya sangatlah mudah dan dapat kamu praktekan di rumah. Dengan membuat sendiri somay untuk dihidangkan dan dimakan bersama orang-orang tersayang tentu menjadi pilihat terbaik karena selain lebih sehat dan aman, kebersihannya juga lebih terjaga.

Cara pembuatannya sangatlah mudah cukup dengan menyiapkan bahan somay seperti 300 gr daging ikan yang dicincang halus (ikan yang dipilih dapat sesuai selera, namun biasanya ikan yang lebih lezat untuk digunakan sebagai bahan dasar membuat somay adalah ikan tenggiri), 150 gr tepung kanji, 5 siung bawang putih, 1 sendok minyak wijen, 1 sendok teh garam, setengah sendok teh gula, setengah sendok teh merica bubuk, dan satu butir telur. Semua bahan-bahan tersebut dicampurkan dan diaduk hingga merata.

Setelah itu bahan tersebut dimasukkan kedalam kulit somay atau kulit pangsit yang banyak dijual jadi dipasaran sehingga lebih praktis. Namun, jika kamu ingin isian somaynya saja cukup adonan tersebut dibentuk menjadi bulatan- bulatan menyerupai baso.

Kemudian kukus somay tersebut bersamaan dengan makanan pelengkap lainnya. Untuk membuat saus kacang bahan yang harus disiapkan berupa 4 siun bawang putih, bawang merah, dan cabai merah yang dihaluskan bersamaan dan ditumis menggunakan minyak serta api yang kecil.

Tambahkan kacang tanah goring yang telah dihaluskan dengan cara blender dan masukan kedalam bumbu yang sedang ditumis tersebut. tambahkan garam dan gula secukupnya dan aduk hingga merata dan matang. Apabila saus kacang terlalu kental dapat ditambahkan air secukupnya.

Angkat dan sajikan bersamaan dengan somay dan makanan lainnya yang vtelah matang tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Somay sangat lezat disajikan saat panas dan tambahkan jeruk nipis diatasnya agar memberikan aroma dan rasa yang segara. Bila kamu pecinta makanan pedas dapat pula ditambahkan dengan saus atau sambal sesuai selera. Hidangkan somay buatanmu sendiri bersama keluarga terscinta.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *