Resep Dan Cara Membuat Tapai Ubi

Tapai ubi adalah makanan khas yang biasa dijadikan oleh-oleh dari daerah Bondowoso dan Bandung. Mencicipi rasanya yang manis, banyak orang yang ketagihan untuk mencoba lagi dan lagi. Pada hari-hari istimewa seperti bulan Ramadan, tapai ubi seringkali dijadikan panganan untuk campuran kolak sebagai menu berbuka puasa.

b 42

Akan tetapi, meski bulan Ramadan, tapai ubi tetap saja menjadi primadona lantaran mudah dijadikan bahan kue seperti prol tapai, brownies tapai atau tapai goreng. Apabila Anda ingin membuat tapai ubi sendiri di rumah, tidak perlu bingung.

Usut diusut ternyata langkah-langkah membuat tapai ubi tidak terlampau sulit kok. Enggak percaya? Silakan simak terus artikel ini ya…

Resep dan cara membuat tapai ubi

Siapkan bahan-bahan sebagai berikut:

Setengah kilo ubi

2 butir ragi tapai, hancurkan hingga lembut

Beberapa lembar daun pisang untuk alas tapai

Langkah-langkah dan cara membuat tapai ubi:

  1. Pertama, siapkan ubi yang akan digunakan. Kupas dan buang kulitnya, lalu cuci di bawah air mengalir hingga bersih.
  2. Ambil kukusan, beri air, lalu panaskan hingga mengeluarkan uap. Masukkan ubi ke dalam kukusan, dan kukus selama kurang lebih 40 menit atau hingga ubi matang. Biarkan hingga dingin.
  3. Atur helai daun pisang sebagai alas ubi. Susun ubi dengan rapi.
  4. Setelah itu, saatnya menambahkan ragi tapai di atas permukaan ubi.
  5. Tutupi permukaan ubi dengan lembaran daun pisang
  6. Sebisa mungkin tempatkan ubi yang sudah diberi ragi ini di dalam suhu ruang yang hangat selama kurang lebih 3 hari agar proses fermentasi berjalan sempurna.
  7. Selesai

Baca Artikel Lainnya :

Sekarang, tinggal menunggu 3 hari kemudian jika Anda ingin mencicipi tapai manis dari ubi yang sudah dibuat. Satu tips penting yang harus Anda ingat. Yaitu, usahakan agar tidak terlalu sering atau bahkan sekali-kali membuka penutup tapai ubi.

Pasalnya, tindakan ini akan mengganggu proses fermentasi atau peragian lantaran udara bisa masuk sehingga proses peragian tapai akan gagal.

Mudah kan? Silakan dicoba.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *