Resep Minuman Teh Rosella Jeruk Yang Segar

Resep Minuman Teh Rosella Jeruk Yang Segar – Ingin minuman segar yang sehat tetapi memiliki cita rasa minuman favorit seperti segarnya semangkok es campur atau es krim ?

Anda tak usah menjadi bingung terhadap variasi beragam minuman herbal yang saat ini banyak tersedia di pasaran dan siap pakai buat anda dan keluarga, dimana melalui artikel kami kali ini akan mencoba sebuah resep baru perpaduan antara bahan – bahan herbal dan bahan penyedap lainnya.

sayure

Meskipun ada unsur rasa jamu yang agak pahit tetapi dijamin tak akan ada unsur sepat dalam minuman ini. Yang anda rasakan adalah rasa asam, manis dan  segar.

Bahan utama yang yang digunakan dalam membuat minuman herbal ini adalah bunga segar rosella. Rosella atau yang disebut dengan istilah latin adalah Hibiscus Sabdariffa merupakan tanaman yang berasal dari Afrika.

Dibeberapa daerah, rosella kerap dijadikan sebagai sirup, selai atau jeli. Di Mesir, rosella di makan segar sebagai campuran salad atau di minum menjadi salah satu jenis minuman herbal panas ketika musim dingin tiba dan di minum sebagai es teh rosella saat musim panas menjelang.

Bahkan di Sudan, bunga rosella merupakan minuman kesehatan yang dikonsumsi sehari – hari sebagai salah satu minuman olahan yang bisa dicampur dengan beragam bahan pelengkap dan penyedap lainnya seperti anggur, sirup buah, gula, madu, susu atau es krim.

Penasaran ingin mencoba membuat minuman teh dengan bunga rosella ? Yuk langsung saja siapkan bahan – bahan utamanya sebagai berikut beserta cara membuat :

  • 5 – 7 kuntum bunga rosella segar.
  • 500 ml air panas untuk melarutkan 1 kantung teh celup hingga pekat.
  • 200 ml air jeruk manis ( jeruk mandarin atau jeruk Bali ).
  • 2 sdm madu murni.

Untuk membuat minuman herbal teh rosella jeruk yang segar adalah melalui tahapan sebagai berikut :

  • Rebus air 500 ml hingga mendidih di dalam panci, tambahkan bunga rosella dan rebus hingga kurang lebih 3 – 5 menit sampai air terlihat berwarna merah cerah. Masukkan teh celup ke dalamnya hingga larut.
  • Tuangkan air jeruk manis ke dalamnya, lalu aduk rata. Jika dirasa kurang manis, tambahkan madu.
  • Untuk penyajiannya, saring minuman herbal tersebut di atas ke dalam cangkir atau gelas saji. Segera sajikan selagi hangat. Untuk anda yang ingin menyajikan dengan dingin seperti minuman es, simpan dalam lemari es selama kurang lebih dua jam atau bisa juga dengan menambahkan beberapa es batu ke dalam gelas saji.

Perpaduan air hangat dengan pekatnya larutan bunga rossela dan teh serta air jeruk mandarin yang manis seperti pada resep minuman ini merupakan perpaduan yang sempurna dimana resep tradisional ini sangat ampuh buat menyembuhkan radang tenggorakan.

Tapi, selain mengetahui manfaat utama dari minuman herbal itu, sebaiknya anda mengetahui tentang khasiat dari kuntum bunga rosella yang juga menjadi bahan utama membuat minuman ini.

Dimana bunga ini ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan para wanita yang aktif melakukan kegiatan di luar rumah. Ini dia kegunaan bunga rosella segar :

  • Meningkatkan stamina serta ketahan tubuh.
  • Menetralkan racun dalam tubuh ( sebagai detoksifikasi ).
  • Menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol tubuh.
  • Mengatasi  batuk, sariawan, dan sakit tenggorokan.
  • Mengurangi gejala migrain.
  • Menghaluskan kulit dan mengurangi keriput.
  • Membantu menurunkan berat badan.

Banyaknya manfaat yang bisa anda peroleh dari kuntum bunga rosella segar tersebut di atas, membuat minuman ini tepat untuk anda jadikan sebagai minuman kesehatan sehingga anda tak ragu lagi mencoba membuatnya di rumah dengan berbagai variasi buat keluarga tercinta.

Segera praktikkan resep minuman ini mulai dari sekarang !

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *