Resep Perkedel Kentang Daging Yang Lezat

Resep Perkedel Kentang Daging Yang Lezat – Sangat banyak makanan yang dibuat menggunakan bahan dasar kentang. Dari semua makanan tersebut salah satunya adalah perkedel kentang daging. Perkedel sebenarnya bukan makanan asli Indonesia karena makanan ini diadopsi dari makanan Negeara – Negara di benua Eropa.pergedel daging

Makanan ini sangat bergizi dan mengenyangkan karena selain mengandung karbohidrat juga protein. Perkedel daging sendiri menggunakan daging sapi ke dalam adonan kentang tetapi daging itu sendiri bisa diganti daging lainnya. Ada yang menggunakan daging ayam atau bahkan sifut ke dalam adonan kentang. Sekarang kita lihat yuk bahan – bahan apa aja yang dipakai untuk membuat perkedel kentang daging ini dan bagaimana cara membuatnya.

Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat perkedel kentang daging yaitu kentang yang telah dibersihkan dan dikukus hingga matang kemudian dihancurkan hingga halus sebanyak 500 gram. Kemudian yang paling penting juga daging sapi yang telah dicincang halus sebanyak 100 gram. Untuk membuat perkedel kentang daging juga membutuhkan satu butir telur ayam dan satu butir putih telur yang dikocok lepas.

Selain itu daun bawang dan seledri masing – masing dua batang diiris halus. Kemudian untuk bumbunya dibutuhkan bawang putih sebanyak empat suing dihaluskan, selain itu juga bawang merah sebanyak empat siung yang juga dihaluskan. Selain bawang merah dan putih kita juga membutuhkan merica atau lada putih sebanyak satu sendok teh dan juga pala sebanyak setengah sendok teh. Yang paling penting garam secukupnya dan minyak goring untuk menggoreng perkedelnya.

Nah sekarang yuk kita bahas cara membuatnya. Pertama – tama siapkan panci untuk mengukus kentang terlebih dahulu. Setelah kentang matang, angkat kentang dari kukusan kemudian kentang tersebut dihancurkan kentang saat masih hangat hingga halus, jangan lupa buang kulitnya terlebih dahulu.

Setelah kentang tersebut halus campurkan dengan daging sapi yang telah dicincang – cincang halus hingga tercampur rata. Kemudian campurkan lagi dengan bumbu – bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya. Baik itu telur, bawang merah, bawang putih, pala, merica dan juga garam ke dalam campuran kentang dan daging sapi cincang tadi hingga tercampur rata. Selain itu tambahkan juga daun bawang dan juga daun seledri yang telah dicincang tadi. Aduk semua bahan – bahan tersebut hingga semua tercampur rata.

Setelah itu, ambilah adonan tadi sedikit dan letakkan di telapak tangan kalian. Kemudian bentuklah bulat – bulat dan kemudian agak dipipihkan sedikit. Lakukan tahapan ini samapai semua adonan kentang dan daging tadi habis dibentuk bulat – bulat pipih.

Adonan yang telah dibentuk tadi dimasukkan ke dalam putih telur yang telah dikocok tadi kemudian masukkan ke penggorengan yang telah panas. Gorenglah dengan api sedang sehingga bagian dalam juga matang hingga bagian luarnya terlihat berwarna kuning ke-emasan. Lakukanlah langkah ini hingga semua adonan tadi semua tergoreng, tiriskan hingga minyaknya berkurang. Setelah itu, perkedel siap dinikmati.

Baca juga : Klepon camilan tradisional indonesia

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *