Rizobakteri Penghasil Zat Pemacu Tumbuh

Rizobakteri Penghasil Zat Pemacu Tumbuh – Rizobakteri merupakan salah satu mikroorganisme yang berdampak baik untuk pertumbuhan tumbuhan, rizobakteri penghasilzat pemacu tumbuh ketika mikroorganisme tersebut hidup dengan cara sporofit yang terdapat pada daerah akar atau rizosfer. Selain itu manfaat lain dari mikroorganisme ini adalahrizobakteri mampu memfiksasi nitrogen, melakukan sintesis hormon untuk tumbuh yang berupa IAA, serta mempunyai kemampuan untuk melarutkan fosfat. Karena berkemampuan untuk memacu pertumbuhan, rizobakteri banyak sekali digunakan dalam peningkatan mutu benih.

Untitled

Dalam pemanfaatannya, rizobakteri penghasil zat pemacu tumbuh yang diaplikasikan pada benih menimbulkan beberapa hal yang menguntungkan. Berikut ini keuntungan akibat penggunaan rizhobakteria pada benih yaitu:

  1. Meningkatkan mutu fisiologis pada benih. Hal ini terjadi karena perkecambahan tanaman akan terpenuhi kebutuhan airnya.
  2. Menggunakan rizobakteri dalam teknik invigorasi membuat proses imbibisi yang terjadi pada benih berlangsung dalam waktu yang lebih cepat, karena aktivitas enzim meningkat sehingga menyebabkan pertumbuhan perkecambahan berlangsung cepat dan seragam.
  3. Menghasilkan antibiotik untuk tanaman
  4. Sebagai kompetitor
  5. Menginduksi ketahanan untuk tanaman dari pantogen penganggu.
  6. Mampu melakukan sekresi beberapa senyawa yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tumbuhan.
  7. Dapat mengurangi penggunaan zat kimia atau pestisida dan penggunaan pupuk organik pada tanaman.

Pada era sekarang ini rizobakteri sering digunakan pada perkebunan-perkebunan yang saat ini merupakan aset yang penting. Karena sektor perkebunan adalah salah satu aset penting yang menjadi penghasil devisa yang diandalkan negara. Dengan lahan perkebunan yang luas yang dimilki Indonesia. Sehingga rizobakteri penghasil zat pemacu tumbuh atau sering disebut RPTT banyak digunakan untuk meningkatkan jumlah produksi yang dihasilkan. RPTT biasa digunakan di berbagai macam perkebunan yang ada di Indonesia.

Berikut ini beberapa aplikasi rizobakteri penghasil zat pemacu tumbuh di berbagai perkebunan seperti perkebunan teh, lada, dan tembakau menjadi cara efektif untuk menghindarkan tanaman dari berbagai penyakit. Beberapa pantogen utama yang dapat efektif dikendalikan oleh rizobakteri yaitu di antaranya sebagai beikut ini:

  • Nematoda
  • Tobacco mosaic virus
  • Exobasidium vexans
  • Pseudomonas solanacearum
  • Rigidoporus lignosis
  • Phytophthora nikotianae
  • Fusarium oxysporum
  • Phytophthora capsici

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *