Ronald Ross, Ilmuwan Bidang Kedokteran

Biografi Ronald Ross, Ilmuwan Bidang Kedokteran – Ronald Ross dilahirkan pada tanggal 13 Mei 1857 di Almora. Ronald Ross merupakan seorang dokter berkebangsaan Inggris yang berhasil mendapatkan sebuah penghargaan Nobel untuk bidang Fisiologi atau Kedokteran di tahun 1902 karena penelitian yang Ronald Ross telah lakukan mengenai penyakit malaria.ronald ross

Ronald Ross mengenyam pendiditan tingginya di bidang kedokteran pada Rumah Sakit St. Bartholomew yang terletak di London sejak tahun 1875. Pada tahun 1879, Ronald Ross dapat menyelesaikan pendidikan tinggi di bidang kedokterannya.

Kemudian pada tahun 1881, Ronald Ross masuk ke Dinas Medis India dan kemudian dinas pada perang Inggris – Burma III di tahun 1885. Sejak tahun 1888 hingga tahun 1889, Ronald Ross mengambil cuti dari pekerjaannya untuk melanjutkan studi di London mengenai bakteriologi.

Setelah studinya selesai, Ronald Ross kembali ke India. Pada tahun 1892, Ronald Ross mulai meneliti mengenai penyakit malaria. Di tahun 1894, Ronald Ross mencoba melakukan penyelidikan secara eksperimental di India dengan tujuan untuk membuktikan mengenai hipotesis yang dibuat Laveran dan Manson bahwasanya penyakit Malaria ditularkan oleh nyamuk.

Penelitian yang Ronald Ross lakukan tidaklah berjalan lancer, Ronald Ross terus mengalami kegagalan selama dua setengah tahun, akhirnya pada tahun 1897 Ronald Ross berhasil mengetahui siklus hidup parasit malaria di dalam nyamuk Anopheles dan berhasil dalam membuktikan bahwa nyamuk Anopheleslah yang mnyebarkan parasit malaria yang berasal dari burung yang sudah terinfeksi ke orang – orang yang sehat. Dari hasil penelitian inilah sehingga dapat diketahui dasar – dasar bagaimana cara mengatasi penyakit malaria ini.

Ronald Ross pada tahun 1899 pulang ke Inggris kemudian menjadi anggota dari Liverpool School of Tropical Medecine di bawah asuhan Sir Alfres Jones. Kemudian segera Ronald Ross dikirim ke daerah Afrika Barat agar dapat melanjutkan penelitiannya mengenai nyamuk dan penyakit yang diakibatkannya.

Institute tempat Ronald Ross bernaung terus memberikan dukungan sehingga penyakit malaria di Afrika Barat dapat dikurangi. Penelitian yang dilakukan oleh Ronald Ross diakui dan banyak dibantu oleh beberapa ilmuwan ternama. Karena jasanya dalam pengembangan ilmu khususnya bidang kedokteran, Ronald Ross banyak sekali mendapatkan anugerah kebangsawanan baik dari kerajaan Britania Raya maupun di Belgia.

Bahkan Ronald Ross sempat memiliki jabatan di bidangnya. Pada tahun 1917, Ronald Ross menjadi konsultan Malariologi pada kantor perang, dimana Ronald Ross mengurusi perkembangan epidemic penyakit malaria yang telah diderita tentara pada medan perang.

Ronald Ross juga menjabat sebagai direktur kepala dari Institut Ross dan juga RS bagi Penyakit dan Higeienis Tropis, Ronald Ross menjabat hingga kemariannya pada tanggal 16 September 1932. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa Ronald Ross mendapatkan penghargaan nobel namun, Ronald Ross tidak hanya mendapatkan itu saja. Ronald Ross mendapatkan Keanggotaan Kehormatan dari sebuah ikatan Ilmuwan dari sebagian besar Negara – Negara di benua Eropa.

Baca juga : Niels Ryberg Finsen, Penemu Fototerapi dalam Kedokteran

Loading…

One thought on “Ronald Ross, Ilmuwan Bidang Kedokteran

  1. Pingback: Frederick Grant Banting, Peraih Nobel Fisiologi | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *