Rosella si Bunga Cantik yang Berkhasiat Obat

aRosella si Bunga Cantik yang Berkhasiat Obat – Rosella mempunyai nama latin Hibiscus sabdariffa Linn. Rosella merupakan tanaman dari keluarga yang sama dengan kembang sepatu. Tanaman ini berasal Afrika dan Timur Tengah, tanaman perdu (tinggi mencapai 3-5 meter) dan mempunyai bunga berwarna merah. Nah bunga dan biji yang dihasilkan oleh tanaman rosella mempunyai khasiat sebagai obat dan manfaat kesehatan.

Saat ini rosella sudah dikembangkan menjadi sebuah produk yaitu teh rosella, teh rosella ini banyak diproduksi dan dapat ditemukan pada toko-toko maupun swalayan. Rasa teh ini berbeda dengan teh yang biasa kita konsumsi pada umumnya. Teh rosella mempunyai rasa yang segar serta berwarna merah. Setiap 100 gram mengandung vitamin D, B1, B2, 260-280 mg vitamin C,, kalsium 486 mg, Magnesium, omega 3, beta karotin, asam amino esensial (seperti lysine dan agrinine). Selain itu rosella juga kaya akan serat sehingga bagus untuk sistem pencernaan.

Cara menyeduh teh rosella yaitu dengan mengambil 3-4 kuntum yang sudah dikeringkan atau yang masih segar, kemudian diseduh dengan menggunakan air panas 200 ml. Aduk sampai warna menjadi merah, kemudian saring. Setelah itu tambahkan 1 sendok air jeruk nipis dan 3 sendok madu, aduk hingga merata. Sajikan teh tersebut dalam keadaan hangat.

Selain dijadikan the, bunga rosella dapat dijadikan selai. Selai bunga rosella berwarna cantik (merah menyala) serta menyehatkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 250 g bunga rosella, air 150 ml, gula pasir 150 g, 1 sdm tepung maizena, 1/4 sdt vanilla pasta, ¼ sdt garam halus dan air jeruk lemon/nipis 3 sdm.

Kemudian cara membuatnya adalah dengan memblender bunga rosella, air serta tepung maizena sampai halus. Bahan yang sudah halus kemudian dimasak, tambahkan jeruk nipis, pasta vanili dan garam. Tunggu sampai mengental, dibiarkan dingin dulu kemudian simpan dalam toples kedap udara.

Kandungan nutrisi yang paling menonjol dan banyak dalam teh rosella yaitu vitamin C yang mencapai enam kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan sebuah jeruk. Kandungan vitamin C serta beta karotennya berperan sebagai antioksidan yang kuat dalam menangkal radikal bebas di dalam tubuh manusia. Kandungan nutrisi lain yang menonjol yaitu kalsium.

Dalam segelas teh rosella 500 gram kalsium, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan segelas susu (350 gram kalsium. Kalsium dapat mencegah terjadinya osteoporosis, selain itu juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kalsium dalam the rosella dapat mengurangi kandungan garam atau natrium yang tinggi dalam tubuh seseorang karena natrium yang tinggi menyebabkan tekanan darah seseorang tinggi.

Jika anda seorang penderita diabetes, hindari konsumsi the rosella yang diberi gula atau pemanis buatan. Jika anda juga menderita maag, jangan mengkonsumsi teh rosella karena lambung tersebut tidak kuat karena rosella lebih asam dibandingkan dengan jeruk sehingga asam lambung akan naik. Konsumsilah the rosella yang berbau segar karena kadar antioksidan akan berkurang jika bunga rosella dikeringkan menggunakan oven atau dipanggang. Pastikan membeli rosella yang berbau segar dan tidak terlalu kering.

Khasiat lain dari the rosella adalah mendetoksifikasi (menetralkan racun) yang ada di dalam tubuh, melindungi dari infeksi, enghambat tumbuhnya kanker, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, memperbaiki metabolisme tubuh, menyeimbangkan berat badan, mengurangi panas dalam (sariawan), mencegah penyakit jantung dan stroke, menormalkan kadar asam urat dalam darah, mampu menstimulir sistem sirkulasi, memperkuat pembuluh darah, mengatasi batuk dan sakit tenggorokan, mengandung 18 ASAM AMINO dari 22 jenis yang dibutuhkan tubuh manusia, mengandung DHA dan OMEGA 3 yang baik untuk perkembangan janin pada ibu hamil.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Rosella si Bunga Cantik yang Berkhasiat Obat

  1. Pingback: Khasiat Adas Pulosari Untuk Pengobatan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Obat Sakit Tenggorokan Yang Terbukti Ampuh | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *