Ruang Lingkup Biologi, Kontroversi, dan Cabang Ilmu

Ruang Lingkup Biologi, Kontroversi, dan Cabang Ilmu – Di sekolah, Anda pastilah mendapatkan pelajaran Biologi. Ilmu ini sangatlah penting, karena orang-orang yang mendalami ilmu alam ini akan mempelajari tentang kehidupan dan segala macam aspek yang meliputinya. Aspek-aspek tersebut seperti strukturnya, evolusi makhluk hidup, pertumbuhan, penyebaran, dll. Makhluk hidup yang dipelajari pun bermacam-macam, dari yang paling kecil seperti sel, hingga sebuah bioma.

a

Biologi dan ruang lingkupnya

Biologi diambil dari bahasa Yunani ‘bios’ yang artinya kehidupan, dan ‘logos’ yang punya arti ilmu pengetahuan. Dirintis oleh Aristoteles, hingga sekarang ini ilmu Biologi telah berkembang menjadi sangat luas. Selama masih mempelajari tentang makhluk hidup, maka ilmu tersebut masih masuk ke dalam kategori Biologi. Karena lingkupnya yang sangat luas inilah, tidak mungkin jika seseorang mempelajari semua itu secara mendalam. Inilah yang membuat Biologi memiliki banyak cabang ilmu, semuanya mempelajari bagian spesifik tentang Biologi.

Berbagai cabang biologi

Luasnya ilmu Biologi berpengaruh pada banyaknya cabang ilmu ini yang ada di seluruh dunia. Beberapa yang termasuk dalam cabangnya sekalipun kadang membuat orang heran karena ternyata masuk ke dalam cabang ilmu Biologi. Contoh nyatanya dalam hal ini adalah Psikiatri. Ilmu ini mempelajari tentang kedokteran jiwa, dan seorang psikiater haruslah menjadi seorang dokter terlebih dahulu. Tetapi masih banyak yang tidak tahu bahwa cabang ini masuk ke dalam Biologi.

Selain masalah kategorisasi, ada juga cabang-cabang yang menimbulkan banyak kontroversi karena ilmu yang dipelajarinya. Contohnya adalah Bioteknologi, ilmu Biologi tentang cara memanfaatkan makhluk hidup seperti bakteri, virus, fungi, dll. atau produk dari makhluk hidup seperti enzim, pada proses produksi sehingga jadi barang dan jasa. Cabang ini sering menimbulkan kontroversi dari segi etika dan juga dari komunitas religius, yang biasanya meliputi tentang manipulasi genetik dari suatu organisme.

Tidak mungkin untuk menuliskan semuanya di sini karena ada ratusan cabang. Tetapi inilah beberapa cabang Biologi yang biasanya diambil, beserta beberapa cabang lagi yang cukup unik:

  1. Fisiologi, ilmu Biologi tentang struktur tubuh dan kegiatan faal di dalam organisme atau makhluk hidup.
  2. Morfologi, ilmu Biologi tentang bentuk luar dari organisme.
  3. Anatomi, ilmu Biologi tentang struktur dalam dari organisme.
  4. Taksonomi, ilmu Biologi tentang penggolongan makhluk-makhluk hidup.
  5. Genetika, ilmu Biologi tentang pewarisan sifat makhluk hidup ke keturunannya secara genetik.
  6. Botani, ilmu Biologi tentang segala macam tumbuhan yang ada di bumi.
  7. Zoologi, ilmu Biologi tentang segala seluk-beluk hewan dan kehidupannya.
  8. Genetika molekuler, ilmu Biologi cabang dari genetika, yang mengkaji tentang genetik pada tingkat subselular.
  9. Radiologi, ilmu Biologi tentang melihat ke dalam tubuh manusia dengan memakai pancaran atau radiasi gelombang elektromagnetik atau mekanik.
  10. Oseanografi, ilmu Biologi yang mempelajari tentang laut, termasuk kehidupan di dalam laut, geografis, lingkungan, cuaca, dan hal-hal lain yang mempengaruhi laut.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Ruang Lingkup Biologi, Kontroversi, dan Cabang Ilmu

  1. Pingback: Berbagai Macam Kelompok Hewan Invertebrata | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *