Rukun-Rukun Dan Syarat Melakukan Wudhu Dalam Islam

Wudhu merupakan salah satu syarat yang harus dilakukan sebelum melakukan sholat. Wudhu dilakukan dengan membasuhkan air ke beberapa anggota tubuh dengan tujuan untuk membersihkan tubuh dari segala hadast sehingga tubuh kita menjadi suci.

Agar tubuh kita bisa benar- benar suci dan boleh melakukan sholat, ada beberapa rukun dan syarat wudhu yang harus dilakukan. Apa sajakah rukun dan syarat wudhu? Berikut ulasannya.

r 163

Rukun wudhu

  1. Islam
  2. Tamiyiz

Tamiyiz merupakan orang yang sudah bisa melakukan segala kegiatan dan aktivitasnya sendiri seperti makan, minum, dan membersihkan kotoran sendiri. Selain itu mereka juga bisa memahami percakapan dan juga bisa membedakan antara kanan dan kiri.

  1. Bersih dari haid dan nifas
  2. Tidak ada yang menghalangi sampainya air ke kulit

Hal yang bisa mengahalangi sampainya air ke kulit biasanya seperti cat dan juga tato sehingga air tidak bisa masuk ke dalam kulit.

  1. Tidak ada yang merubah air

Saat wudhu anda harus menjauhkan barang seperti cat atau tinta yang dapat merubah dan merusak air.

  1. Mengetahui kewajiban dari wudhu

Yang dimaksud kewajian wudhu adalah seseorang mengetahui bahwa wudhu merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan sholat.

  1. Menggunakan air yang suci dan mensucikan

Air yang bisa dipakai untuk berwudhu hanyalah air yang suci dan mensucikan. Jika air sudah terkena kotoran atau najis, maka air tersebut tidak boleh dipakai untuk berwudhu.

  1. Masuknya waktu sholat

Wudhu sebaiknya dilakukan sesaat sebelum masuk waktu sholat. hal ini agar lebih mudah menjaga wudhu kita agar tidak batal.

  1. Muwalah

Muwalah artinya tidak ada jeda antara wudhu dan sholat. Jadi ketika sudah berwudhu maka sebaiknya segera laksanakan sholat.

Syarat wudhu

  1. Niat
  2. Membasuh seluruh muka
  3. Membasuh kedua tangan sampai ke siku
  4. Mengusap sebagian rambut
  5. Membasuh kedua kaki sampai ke mata kaki
  6. Tertib

Baca Artikel Lainnya :

Demikianlah ulasan tentang rukun dan syarat wudhu yang harus terpenuhi agar sholat kita menjadi sah. Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *