Rumus Membaca Cepat

Membaca mungkin menjadi kebiasaan atau hobi yang menyenangkan bagi sebagian orang. Namun terkadang aktivitas membaca dianggap membosankan bagi sebagia kalangan lainnya.

Faktanya membaca merupakan aktivitas yang bermanfaat, yakni salah satunya dapat menambah ilmu dan pengetahuan hanya melalui membaca.

p 53

Bagi sebagian orang yang tidak suka berlama-lama membaca namun terkadang mengharuskannya membaca untuk mendapatkan isi atau ide dan gagasan di dalam sebuah bacaan atau tulisan tertentu. Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan membaca cepat.

Membaca cepat bukan hanya menyelesaikan bacaan dengan cepat tanpa memahami isi dari bacaan tersebut. Membaca cepat justru merupakan teknik yang menitikberatkan pada pemahaman isi atau gagasan yang terdapat dalam sebuah tulisan.

Sayangnya tidak semua orang memiliki kemampuan ini, namun faktanya kemampuan membaca cepat merupakan kemampuan yang bisa dilatih melalui berbagai teknik dan rumus dalam membaca cepat.

Seseorang dikatakan berhasil dalam memahami isi bacaan melalui membaca cepat yakni ketika orang tersebut mampu menjawab kurang lebih 70% dari pertanyaan seputar bacaan tersebut. Untuk bisa melakukannya, berikut rumus membaca cepat yang bisa dicoba dan dilakukan.

Keterangan :

Kpm       : Kecepatan per menit

Q             : Jumlah kata yang dibaca

t              : Waktu yang dibutuhkan untuk membaca (satuan dalam detik)

60           : Satuan detik dalam 1 menit

Contoh dalam menggunakan rumus tersebut.

Monroe membaca sebuah artikel olahraga dengan jumlah kata pada artikel tersebut yaitu 800 kata. Dia menyelesaikan membaca artikel tersebut dalam waktu 3 menit 50 detik. Lantas, berapakah kecepatan membaca Monroe?

Penyelesaian

Q             : 800 kata

t              : 3 menit 50 detik atau (3×60) + 50 = 230 detik

Kpm       : 800/230 x 60 = 209 kpm

Adapun teknik untuk membaca cepat yakni sebagai berikut.

  • Gerakan Mata

Dalam membaca cepat dibutuhkan kemampuan gerakan mata yang dapat mengikuti setiap baris dalam tulisan dengan cepat.

  • Penguasaan kosa kata

Penguasaan kosa kata akan sangat membantu dalam membaca cepat karena tidak membutuhkan waktu lama dalam memahami kosa kata dalam tulisan.

Baca Artikel Lainnya :

  • Konsentrasi

Membaca cepat sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi, tanpa adanya konsentrasi maka seseorang yang membaca cepat tidak dapat memahami isi dari sebuah tulisan.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *