Sajian Pelepas Dahaga Khas Pulau Dewata Bernama Es Doger

Es doger adalah sajian pelepas dahaga khas pulau Dewata yang banyak dijajakan pada tempat – tempat strategis seperti kafe gaul, hingga mall – mall dan angkringan dengan memakai gerobak – gerobak cantik khas es doger yang pangsa pasarnya ditujukan buat anak – anak sekolah dasar hingga SMP.

h 93

Jika anda malas keluar rumah untuk mendapatkan segelas segarnya es doger maka anda bisa membuatnya di rumah dengan varian yang lebih kompleks, dibandingkan dengan mempersiapkan diri dan berangkat ke restoran atau tempat jajanan pinggir jalan raya hanya untuk menikmatinya.

Selain jauh lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya, anda bisa menguasai pembuatan es doger dengan rasa baru dan keterampilan mempercantik tampilan es, dijamin akan banyak yang suka dan anda pun bisa menjadikan keahlian tersebut sebagai objek bisnis UKM dimana es doger adalah sajian ringan yang bisa berfungsi sebagai hidangan pencuci mulut yang lezat.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

Bahan utama adalah :

  • Untuk membuat es doger spesial ala pulau Bali, siapkan semua bahan – bahan utama mulai dari satu liter santan kental atau setara dengan satu butir kelapa yang telah diparut dengan baik lalu diperas untuk diambil airnya saja.
  • Sediakan 250 gram gula pasir.
  • Satu perdelapan sendok teh pewarna makanan berwarna merah.
  • Dan terakhir adalah sediakan daging dari dua butir kelapa muda untuk diserut halus.

Resep es doger untuk bahan pelengkap adalah :

  • Agar anda mendapatkan cita rasa es doger lebih mantap maka tambahkan beberapa bahan pelengkap untuk kesempurnaan sajian es doger anda sehingga es tampak lebih nikmat untuk disantap selain memperhatikan faktor penampilan.
  • Disarankan untuk menyiapkan 150 gram tapai singkong yang telah dibuang serat – seratnya, berasa manis (tidak terlalu matang) dan dipotong kecil berbentuk dadu.
  • Jangan lupa untuk menyiapkan 150 gram tapai ketan hitam manis untuk cita rasa khas Bali yang membedakan antara es doger Bali dengan es doger luar Bali yaitu es doger Bandung. Dan terakhir sediakan 100 ml susu kental manis putih dan coklat.

Cara membuat adalah :

  • Untuk mendapatkan segelas es doger yang nikmat, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah merebus santan serta gula pasir, aduk pelan agar campuran santan mendidih tanpa pecah, tuangkan pewarna makanan berwarna merah dan aduk kembali hingga benar – benar tercampur merata, kemudian angkat dan biarkan sampai campuran santan menjadi dingin.
  • Setelah campuran santan dingin, saring dan masukkan ke dalam freezer lalu biarkan hingga membeku, kemudian keruk dengan menggunakan sendok makan dan kocok dengan memakai mixer, lakukan sebanyak 2 – 3 kali hingga menjadi halus, pada kocokan yang terakhir, masukkan kelapa yang telah diserut lalu aduk merata.
  • Setelah semua bahan dasar siap, lanjutkan untuk menyajikan es doger ke dalam gelas – gelas saji.

Baca Artikel Lainnya :

  • Siapkan enam gelas saji di atas meja, kemudian anda letakkan tapai singkong di dalamnya, disusul dengan tapai ketan hitam, dan kerukan es santan di atas dalam porsi tepat kemudian akhiri dengan menuangkan susu kental manis.
  • Es doger sudah siap untuk dinikmati.

Resep di atas dapat anda kembangkan dengan menambah bahan pendukung lainnya seperti buah nangka, daging alpukat atau biji mutiara. Resep di atas dibuat untuk enam gelas es doger, jika ingin lebih banyak, maka anda hanya perlu menambahkan semua bahan dengan takaran yang tepat sehingga memperoleh hasil yang sempurna.

Selamat mencoba !

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *