Sakit Gigi : Penyakit Mulut Paling Mengganggu

Sakit Gigi : Penyakit Mulut Paling Mengganggu – Jika kamu pernah mendengar sepenggal lirik lagu dangdut “lebih baik sakit hati, daripada sakit Gigi”, itulah gambaran betapa menyakitkannya sakit Gigi.

123

Sakit Gigi biasanya disebabkan akibat adanya gangguan pada Gigi dan rahang, seperti karies Gigi, penyakit rahang, Gigi berlubang, dan lainnyaa. Sakit Gigi juga merupakan salah satu gejala timbulnya penyakit jantung. Sakit Gigi mampu mempengaruhi saraf yang nantiya menyebabkan penyakit stroke.

Sakit Gigi digambarkan dengan rasa sakit yang amat sangat dan menyebabkan sakit kepala. Sakit gigi sangat mengganggu penderitanya dan membuat penderita sangat sulit untuk berkonsentrasi. Tahukah kamu kalau sakit gigi juga menandakan telinga kita bermasalah ? Untuk itu mengontrol kesehatan telinga kita juga merupakan hal yang penting selain kesehatan mulut.

Penyebab umum dari sakit gigi adalah gigi yang berlubang, atau karies. Hal ini timbul jika kita tidak menggosok gigi kita dengan baik dan menyisakan sisa makanan di gigi. Hal ini menyebabkan bakteri akan memakan sisa makanan di gigi dan mengubahnya menjadi senyawa asam.

Senyawa asam inilah yang akan merusak lapisan luar gigi, yaitu enamel dan dentin. Dengan rusaknya lapisan luar gigi, menyebabkan lapisan saraf di dalam gigi akan terbuka dan menyebabkan rasa nyeri jika kamu mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau dingin.

Selain itu, racun yang dihasilkan oleh bakteri juga dapat masuk kedalamnya dan menyebabkan rasa sakit yang amat sangat.

Sakit gigi juga disebabkan karena penyakit gusi yang umunya berupa karang gigi. Karang gigi yang merupakan plak yang menumpuk secara terus-menerus dan menyebabkan tersingkapnya akar gigi.

Akar gigi yang tersingkap akan menyebabkan timbulnya sakit gigi akibat racun yang dihasilkan bakteri penyebab plak. Penyakit gigi yang disebabkan oleh karang gigi menyebabkan gusi berdarah, taggalnya gigi, dan gigi berlubang.

Pembersihan plak perlu dilakukan setiap 6 bulan sekali utuk memastikan kesehatan gigi kamu. Selain faktor diatas, akar gigi yang sensitif maupun erosi gigi juga dapat menyebabkan sakit gigi.

Cara yang paling sederhana dalam mengobati sakit gigi adalah menyikatnya utuk menghilangkan sisa makanan pada gigi. Atau secara tradisional yaitu berkumur dengan campuran daun sirih dan cengkeh. Campuran tersebut mampu meredakan sakit gigi. Jika terlalu repot, berkumurlah dengan air garam dan sakit gigi kamu pun akan mereda dengan sendirinya

Semoga bermanfaat..

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Sakit Gigi : Penyakit Mulut Paling Mengganggu

  1. Pingback: Panas Dalam : Istilah Penyakit yang Tidak Dikenal di Dunia Medis | Joko Warino Blog

  2. Pingback: Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *