Salah Satu Pakar Statistik yang Berpengaruh di Bidang Pertanian

Salah Satu Pakar Statistik yang Berpengaruh di Bidang Pertanian – Berbicara mengenai tokoh atau pakar Statistika di bidang Pertanian, tentunya Sir Ronald Aylmer Fisher menjadi salah satu di antara pakar – pakar tersebut.fisher

Pakar statistika ini lebih dikenal dengan sebutan RA Fisher. RA Fisher merupakan seorang ahli statistika dan ilmuwan di bidang biologi dan pertanian yang berkebangsaan Inggris. RA Fisher lahir pada tanggal 17 Februari 1890.

RA Fisher menggunakan ilmu matematika untuk mengkombinasikan genetika kualitatif ‘Mendel’ dan seleksi alam dalam membantu membuat sintesis Darwin yang baru dari evolusi dikenal sebagai sintesis evolusiuner modern. Ronald Fisher mengenyam pendidikan di bidang matematika dikarenakan mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Universitas Cambridge di tahun 1909 dan kemudian menjadi orang pertama di bidang Astronomi di tahun 1912.

Ronald Fisher merupakan salah satu pemberi dasar atau patokan bagi banyak aspek di dalam bidang Statistika modern, lebih khusus lagi dalam bidang Statistika inferensi dimana lebih mendalami dalam hal teori estimasi dan juga uji hipotesisnya.

Ronald Fisher juga diketahui sebagai tokoh yang dapat menggabungkan atau menyelaraskan dua kelompok perdebatan yang bertentangan di awal perkembangan bidang genetika modern yaitu kelompok genetika kuantitatif dengan genetika kualitatif yang merupakan genetika Mendel. Richard Dawkins menyebutkan Ronald Fisher sebagai penggantinya Darwin terbesar. Selanjutnya Anders Hald mengatakan Ronald Fisher merupakan orang jenius yang mampu membuat dasar – dasar di dalam bidang ilmu statistika modern.

RA Fisher bekerja di pusat penelitian Rothamsted selama 14 tahun sejak tahun 1919 di mana RA Fisher mengembangkan analisis varian (ANOVA) untuk menganalisis data dalam jumlah besar dari penelitian tanaman sejak tahun 1840an dan reputasinya terbangun di sana setelah tahun – tahun berikutnya sebagai seorang imuwan biologi statistik.

RA Fisher dikenal sebagai salah satu dari tiga pendiri genetika populasi. RA Fisher menguraikan prinsip Fisher begitu juga Fisherian runaway dan hipotesis kelamin anak laki – laki dalam teori seleksi kelamin. RA Fisher juga memiliki kontribusi yang penting terhadap statistika termasuk kemungkinan maksimum, kesimpulan sementara, variasi asal distribusi contoh diantara banyak yang lainnya.

Ronald Fisher merupakan bapak dari desain penelitian dan statistika modern. Ronald Fisher kemudian dapat dikatakan telah menyediakan peneliti – peneliti di bidang biologi dan kedokteran dengan alat – alat penelitian yang paling penting miliknya, begitu juga dengan versi modern dari teori pusat biologi.

Geoffrey Miller mengatakan bahwa bagi ilmuwan di bidang biologi Ronald Fisher merupakan arsitek dari sintesis modern yang menggunakan model matematika untuk mengintegrasikan genetika dengan teori seleksi Darwin. Sedangkan bagi ilmuwan – ilmuwan psikologi, Ronald Fisher merupakan penemu berbagai macam uji statistika yang masih dapat digunakan di dalam beberapa jurnal – jurnal psikologi.

Bagi praktisi pertanian, Ronald Fisher merupakan pendiri penelitian pertanian percobaan, dimana menyelamatkan jutaan dari kelaparan melalui program pembibitan tanaman rasional. Ronald Fisher meninggal pada tanggal 29 Juli 1962.

Baca juga : Alverroes atau Ibnu Rusyd, Ilmuwan Kedokteran dan Filosofi

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *