Salah Satu Penyakit Tua adalah Pikun. Nah… Ternyata Pikun, Penyakit Yang Tidak Bisa Disepelekan

Pikun adalah hal yang wajar dialami oleh orang yang sudah memasuki usia lanjut. Hal ini biasanya dialami oleh mereka yang sudah memasuki usia 65 tahun ke atas. Walaupun wajar dan sudah biasa, akan tetapi pikun sebenarnya adalah sebuah penyakit yang harus diwaspadai.

Pikun atau yang dalam istilah medis disebut dengan Alzheimer merupakan sebuah kelainan fungsi otak yang menyebabkan hilangnya memori seseorang serta menurunkan kemampuan intelektual seseorang. Penderita Alzheimer biasanya otaknya akan mengerut dan mengecil.

j 108

Penyakit Alzheimer bukanlah penyakit yang tidak ada sebabnya. Penyakit ini disebabkan oleh beberapa hal seperti factor usia yang semakin senja dan juga pola gaya hidup yang tidak sehat.

Orang yang sering mengkonsumsi alcohol memiliki resiko terkena penyakit Alzheimer lebih besar dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi alcohol.

Sampai saat ini obat untuk penyakit Alzheimer belum diketemukan. Akan tetapi pikun atau Alzheimer bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat sejak dini. Mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga yang cukup dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak sehingga terhindar dari resiko pikun.

Untuk menghindari penyakit pukyn, anda tidak boleh terlalu sering stress. hal ini karena stress hanya akan membuat otak anda bekerja secara berlebihan sehingga berakibat pada  terjadinya kelainan fungsi otak yang dapat memicu pikun.

Selain itu sebaiknya anda juga memeriksakan kesehatan anda secara rutin sehingga bila terjadi masalah bisa lebih cepat ditangani dengan baik.

Akan tetapi baga anda yang sudah terlanjur terkena penyakit pikun, anda bisa melakukan beberapa terapi untuk memancing memori kembali. Selain itu peran keluarga juga sangat dibutuhkan untuk membantu penderita pikun untuk mengingat kembali memorinya.

Baca Artikel Lainnya :

Bagi anda yang memiliki riwayat keluarga yang menderita penyakit pikun, maka anda lebih beresiko untuk menderitanya juga. Hal ini karena penyakit pikun merupakan penyakit keturunan.

Demikianlah ulasan tentang pikun yang ternyata merupakan sebuah penyakit yang tidak bisa diremehkan. Dengan mengetahui informasi ini, semoga anda bisa lebih menjaga kesehatan anda.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *