Samsung Raja Jual Smartphone Terbesar di Dunia Tahun 2014

Samsung Raja Jual Smartphone Terbesar di Dunia Tahun 2014 – Tahun 2014 telah berlalu, dan pabrikan ponsel asal Korea yaitu Samsung masih tetap menjadi yang teratas memimpin jumlah penjualan smartphone terbaik di seluruh dunia tahun lalu.

123

Akan tetapi Samsung tak begitu mendominasi seperti di tahun-tahun sebelumnya, yang hanya memimpin pangsa pasar sebesar 0,2% di atas Apple. Di sepanjang tahun 2014 yang lalu, pada kuartal 1, 2, 3, dan 4 di top 5 selain dari dua kompetitor paling ketat tersebut, dihuni oleh perusahaan ponsel merek lain yaitu LG, Lenovo, Huawei dan Xiaomi.

Lenovo dan Huawei masih masuk dalam daftar top five. Sementara itu, LG akhirnya terdepak dari “big-five” dari kalkulasi secara keseluruhan dari kuartal 1 sampai 4, setelah sebelumnya sempat menduduki tempat pada kuartal 2 dan 3. Adalah Xiaomi yang berhasil membuat kejutan di kuartal 3 kemarin tetap bertahan di top 5.

Dalam hal penjualan smartphone Samsung terus menurun sejak mereka mencapai rekor penjualan tahun 2012. Meskipun begitu Samsung masih tetap memimpin penjualan ponsel selama tahun 2014 empat kali berturut-turut pada kuartal 1 sampai 4. Sehingga di tahun 2014 Samsung tetap menjadi yang teratas dalam penjualan smartphone secara keseluruhan.

Apple yang pernah memimpin di tahun 2013, kini mendekati Samsung dengan hanya selisih 0,2 persen saja. Pencapaian Apple pada Q4 2014 ini tidak lepas dari keberhasilan peluncuran iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang memecahkan rekor penjualan, bahkan ketika pre-order dibuka pada hari pertama. Dari tahun 2011 sampai 2014, pangsa pasar ponsel masih didominasi dua perusahaan besar Apple dan Samsung.

Data Top 5 pada kuartal 1, 2, 3 dan 4 tahun 2014 menurut riset IDC

Top 5 Q1 2014 Q2 2014 Q3 2014 Q4 2014
1 Samsung Samsung Samsung Samsung
2 Apple Apple Apple Apple
3 Huawei Huawei Xiaomi Lenovo
4 Lenovo Lenovo Lenovo Huawei
5 LG LG LG Xiaomi

Posisi top 5 pada kuartal 1 dan 2 tidak berubah. Laporan penjualan smartphone pada kuartal ke-3 membuat kejutan di dunia dengan adanya perusahaan asal Cina, Xiaomi yang masuk dalam daftar top 5 penjualan ponsel Q3 2014 terhitung cepat yang hanya 4 tahun sejak perusahaan ini di dirikan pada tahun 2010.

Xiaomi membuat gebrakan baru dengan margin keuntungan yang tipis. Dengan desain yang menengah, namun untuk komponen dalam (hardware) mempunya spesifikasi yang cukup tinggi. Sementara Huawei sempat hilang di kuartal ke-3 namun muncul lagi di kuartal ke-4 dan LG harus rela memberikan tempat pada Xiaomi, Lenovo dan Huawei.

Dari data yang ada, maka dapat diambil kesimpulan bahwa sepanjang tahun 2014 terdapat top 6 merek smartphone paling laris di dunia perponselan, yaitu: Samsung, Apple, Huawei, Lenovo, LG dan Xiaomi. Dan pertumbuhannya terus meningkat dari merek lain, seperti Sony, HTC, ZTE, Oppo, Alcatel, Sharp, HP dan pendatang baru yaitu Microsoft yang telah terjun ke bisnis smartphone setelah mengakuisisi perusahaan Nokia dan tentu saja banyak perusahaan global lainnya.

Baca Juga :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

3 thoughts on “Samsung Raja Jual Smartphone Terbesar di Dunia Tahun 2014

  1. Pingback: Yuk Ngintip Spesifikasi HTC One M9 Plus | Joko Warino Blog

  2. Pingback: Nikon A1 AW1 : Kamera Mirrorless Waterproff Pertama di Dunia | Joko Warino Blog

  3. Pingback: Sony DSC-QX10 & Sony DSC-QX100 : Lensa Portabel untuk Smartphone | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *