Sang Penemu Lampu Pijar, Thomas Edison

Sang Penemu Lampu Pijar, Thomas Edison – Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio pada tanggal 11 Februari 1847. Thomas Alva Edison merupakan seorang penemu asal Amerika dan seorang pengusaha.thomas

Thomas Alva Edison mengembangkan banyak mesin yang secara besar mempengaruhi kehidupan seluruh dunia, termasuk pemintal, motion camera dan yang sampai saat ini selalu digunakan semua orang, lampu pijar. Dia merupakan penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi skala besar dan kerjasama skala besar dalam proses penemuan dank arena hal tersebut, Thomas Alva Edison sering dihargai dengan pembuatan laboratorium industry pertama.

Thomas Alva Edison merupakan penemu yang produktif, memiliki 1093 paten atas namanya di Amerika serikat begitu juga di Inggris, Perancis dan Jerman. Yang lebih signifikan dari jumlah penemuannya adalah pengaruh kuat yang menyebar pada penemuannya : lampu pijar, perekam suara, semua membentuk industry besar yang mendunia.penemuan Thomas Alva Edison berkontribusi pada komunikasi masa dan khususnya telekomunikasi.

Termasuk juga tenaga listrik, perekam music, motion pictures dan lain lain. Thomas Alva Edison membangun sebuah system generasi tenaga listri dan membagikannya ke perumahan, pabrik dan perkantoran. Stasiun tenaga pertama Thomas Alva Edison berada di jalan Pearl di Manhattan, New York.

Saat di sekolah, pikiran Thomas Alva Edison muda sering kemana-mana dan tidak focus. Pelajaran yang paling banyak berasal dari membaca buku RG Parker yaitu School of Natural Philosophhy dan The Cooper Union for the Advancement of Science and Art. Thomas Alva Edison memiliki masalah pendengaran sejak masih kecil.

Pada tanggal 25 Desember 1871, Thomas Alva Edison menikahi gadis berumur 16 tahun bernama Mary Stilwell (1855-1884), yang mana baru ditemuinya dalam dua bulan. Pasangan ini memiliki tiga orang anak yaitu, Marion Estelle E, Thomas Alva E Jr dan William Leslie E (penemu). Istri Thomas Alva Edison meninggal ketika berumur 29 tahun pada tanggal 9 Agustus 1884.

Kemudian pada tanggal 24 Februari 1886 ketika Thomas Alva Edison berumur 39 tahun, dia menikahi Mina Miller yang berumur 20 tahun di Ohio. Mina Miller merupakan anak dari seorang penemu Lewis Miller. Dari pernikahan ini juga mendapatkan tiga orang anak, yaitu : Madeleine E, Charles E (mewarisi perusahaan dan laboratorium penelitian Thomas Alva Edison setelah meninggal) dan Theodore Miller E (memiliki lebih dari 80 paten).

Pada tahun 1877-1877, Thomas Alva Edison menemukan dan mengembangkan mikrofon karbon. Kemudian di tahun 1878, Thomas Alva Edison memulai pekerjaan pada sebuah sistem penerangan listrik. Dalam proses penemuannya tidaklah langsung mendapatkan hasil yang diinginkan.

Setelah melakukan banyak percobaan, akhirnya kesuksesan pertamanya pada 22 Oktober 1879, lampu yang dibuat berhasil bertahan selama 13,5 jam. Thomas Alva Edison kembali mengembangkan hasil penemuannya ini dan pada tanggal 4 November 1879 berhasil mengkomersialisasikan karyanya. Pada tahun 1878, Thomas Alva Edison membentuk perusahaan Edison Electric Light di New York. Selain itu, Thomas Alva Edison juga mendesain dan memproduksi Fruoroscopy yaitu mesin yang menggunakan X-ray untuk Radiograf.

Thomas Alva Edison meninggal karena komplikasi penyakit Diabetes pada tanggal 18 Oktober 1931di rumahnya ‘Glenmont’ di New Jersey, Thomas Alva Edison dimakamkan di belakang rumahnya. Thomas Alva Edison diketahui sebagai seorang atheist yang tidak mempercayai adanya sang pencipta. Selama hidupnya Thomas Alva Edison mendapatkan banyak sekali medali dan penghargaan dari berbagai instansi, majalah dan lain-lain.

Baca juga : Penemu Modem Komputer, Dennis Hayes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *