Sarapan Pagi, Energi Penting sebelum Beraktivitas

Sarapan Pagi, Energi Penting sebelum Beraktivitas – Sarapan pagi terkadang menjadi aktivitas yang dilupakan banyak orang di Indonesia. Beberapa orang menganggap sarapan di pagi hari tidak terlalu mengganggu aktivitas mereka. Akan tetapi, tahukah kamu ? sarapan di pagi hari membantu kamu menjadi semangat dalam menjalani aktivitas.

123

Walaupun terkadang kita tidak merasa perlu sarapan karena pola makan yang belum terbiasa dengan aktivitas tersebut. Tetapi sarapan di pagi hari membantu menjaga stamina tubuh sebelum kamu menjalani aktivitas keseharian kamu.

Hal yang perlu diperhatikan saat sarapan adalah kecukupan gizi yang terkandung di makanan tersebut. Sarapan yang sehat adalah sarapan dengan gizi yang seimbang.

Pastikan asupan nutrisi yang tepat dengan kombinasi karbohidrat, protein, dan lemak yang seimbang. Konsumsi buah maupun vitamin sangat penting, namun jangan berlebihan.

Walaupun tubuh punya mekanisme tersendiri dalam menjaga keseimbangan gizi dalam tubuh, konsumsi suplemen yang berlebihan akan mengakibatkan keracunan maupun kerusakan pada ginjal yang sangat mengganggu kesehatan tubuh kamu.

Menurut Prof. Hardisyah, Dosen Departemen Gizi Masyarakat IPB dan ketua umum pergizi pangan mengatakan bahwa sarapan yang terbaik adalah yang dilakukan sebelum jam 9 pagi.

Hal ini sangat penting mengingat pagi hari adalah waktu yang produktif untuk kita dapat beraktifitas. Sarapan sebelum jam 9 pagi akan meningkatkan stamina dan produktivitas kerja. Untuk itu, sarapanlah sebelum memulai pekerjaan ataupun sebelum kamu kuliah.

Hal yang terpenting selanjutnya adalah bahwa kebiasaan sarapan setiap pagi harus dibiasakan semenjak kecil. Hal ini sangat penting untuk diterapkan mengingat sarapan pagi ditentukan berdasarkan ritme skardian tubuh. Membiasakan pola makan semenjak kecil dapat membantu anak anda tetap sehat dan bugar.

Hal ini dikarenakan sebagian anak di Indonesia tidak membiasakan diri untuk sarapan pagi. Akibatnya anak akan terlihat lemas dan kurang semangat dalam belajar, menurunkan fokus dan konsentrasi, mudah mengantuk, dan cepat lelah. Hal tersebut nantinya akan berpengaruh terhadap prestasi belajar anak kamu dan kemampuan mengingatnya.

Perlu kalihan ketahui juga guys, sarapan setiap pagi mrupakan salah satu dari 10 pesan gizi seimbang. Selain mangonsumsi makanan bergizi, sehat, dan kaya akan vitamin dan mineral, sarapan pagi merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kita. Atau dengan kata lain, sungguh percuma jika kita sudah mengonsumsi makanan bergizi tetapi tidak diikuti pola makan yang teratur.

Untuk itu, Persatuan Gizi Pangan Indonesia sedang menggalakan gerakan sarapan sehat sebelum jam 9 pagi. Hal ini sudah dilakukan di beberapa kota besar di Indonesia sebagai wujud nyata pentingnya sarapan pagi untuk kesehatan kita.

Selain itu, Pergizi juga mendeklarasikan pekan sarapan asional pada tanggal 14 sampai 20 februari dengan harapan aktivitas ini dapat menjadi agenda rutin dan bahkan sarapan pagi dapat dibiasakan untuk kesehatan semua orang

Semoga bermanfaat

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Sarapan Pagi, Energi Penting sebelum Beraktivitas

  1. Pingback: Kenali Kesalahan dalam Menyikat Gigi dan Resikonya | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *