Sariawan ! Begini Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Cara Mengobati Sariawan Dengan Alami – Sariawan Merupakan salah satu penyakit yang menyerang dimulut atau dibibir. Jika sudah terkena penyakit sariawan akan mengalami kesusahan untuk berbicara maupun memakan sesuatu.

Untitled

Memanglah penyakit sariawan adalah penyakit yang tidak mematikan, namun penderita akan kesulitan untuk mengonsumsi makanan kerena memakan akan melukai atau menyentu bagian luka yang di akibatkan oleh sariawan dan rasanya sangat perih jika menyentuhnya.

Penyakit sariawan ini di sebabkan karena kekurangan nutrisi sperti zat besi, vitamin C, dan Vitamin B12. Selain itu, jika bagian mulut atau lidah tergigit tidak sengajapun akan mengakibatkan sariawan juga. Bahkan dari beberapa jenis makanan pun juga akan menimbulkan sariawan seperti kacang almond, buah pinang, atau buah yang banyak mengandung zat asam lainnya.

Cara mengobati sariawan tidaklah harus mengunakan obat-obatan. Sariawan dapat dioato mengunakan bahan alami. Nah berikut cara mengobati sariawan dengan bahan alami.

Mengobati sariawan dengan garam dan baking soda

Dengan mengunakan garam dan baking soda adalah obat yang sangat ampuh untuk mengatasi sariawan. Hal ini dilakukan dengan cara membuat pasta yang berbahan dari garam dan baking soda yang sudah di campur dengan air, kemudian oleskan ke bagian yang luka sariawan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

Mengobati sariawan dengan kunyit

Selain itu dengan memanfaatkan tumbuhan seperti kunyit untuk mengatasi sariawan dengan baik. Hal ini dilakukan dengan cara: mencampurkan satu sendok teh gliserin dengan bubuk kunyit hingga berbentuk pasta kemudian lakukan pengolesan ke bagian yang terkena sariawan.

Mengobati sariawan dengan madu dan minyak kelapa

Dengan mengunakan madu dan minyak kelapa juga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah sariawan. Hal ini dilakukan dengan cara: melakukan pencampuran madu dengan minyak kelapa kemudian langsung mengoleskan ke bagian mulut yang terkena sariawan, sebaiknya mengunakan hal ini sebelum tidur saat malam hari.

Mengobati sariawan dengan daun kemanggi, daun jambu biji dan daun jambu air

selain yang sudah di sebutkan diatas, ternyata daun-daun ini sangat berguna juga untuk mengobati masal;ah penyakit sariawan dengan ampuh. Tetapi hal ini dilakukan dengan cara yang berbeda dengan yang diatas. Hal ini di lakukan dengan cara di kunyah, sedangkan yang telah di sebutkan diatas hanya di lakukan pengolesan.

Hal ini dilakukan dengan cara: daun kemangi dan daun jambu biji, langsung di kunyah kemudian dikumur-kumurkan. Daun yang di perlukan hanya 4-5 lembar. Namun jika kulit jambu harus ditumbuk  sampai halus dan campurkan dengan air matang, baru lakukan kumut-kumur.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat di manfaatkan untuk mengatasi dan mengobati sariawan dengan cepat semoga bermanfaat dan berguna bagi anda.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *