Sate Apaleh Khas Kota Banda Aceh Yang Tersohor, Ini Rahasianya !

Setiap hari apalagi hari libur, belasan mobil berjejer tak beraturan di depan warung – warung tradisional khas Aceh di lintas Medan – Banda Aceh, tepatnya di desa Geurugok, kecamatan Gandapura, kabupaten Bireuen, Aceh.

Lokasinya persis di area pasar ibu kota kecamatan Gandapura, di sana bahkan ada sejumlah pejabat yang turut berkumpul sekedar ingin menikmati kelezatan sate Apaleh yang tersohor tersebut.

o 89

Sekadar singgah sejenak atau bahkan duduk di kursi kayu dan bangku – bangku sederhana untuk bisa menikmati sepiring sate Apaleh yang tersohor di seluruh kota Aceh tersebut, merupakan pemandangan biasa yang terjadi setiap pagi hari mulai menyapa warga di kota seribu satu mesjid tersebut.

Sate Apaleh terbuat dari daging sapi dan daging kambing yang dibalur rempah – rempah khas orang Aceh yang ramai dan pedas lalu dipanggang di atas bara api sedang dan disantap bersama dengan sambal pedas, kuah kacang dan kuah bening untuk menemani sepiring nasi hangat. Per porsi sajian ini dibandrol seharga tigapuluh ribu rupiah saja.

Sangat tepat dijadikan menu makan siang bagi para pengunjung yang sedang melakukan perjalanan menuju ke kota Medan atau Banda Aceh menggunakan lintas Sumatera. Selain sayur kuah kacang dan kuah bening, padanan sate ini adalah sop tulang.

Semangkok kuah sop panas yang beraroma wangi rempah jahe dan gurihnya daging sapi muda membuat selera makan anda menjadi naik drastis. Dalam sop tulang terdapat tulang sapi yang dicampur dengan lemak sapi atau jika dibuat dari daging kambing, cara pengolahannya tetap sama.

Jika anda memesan satu porsi sate kambing dan sop atau sayur pendampingnya, anda akan diberi teman makan sajian tersebut berupa segelas jus mentimun segar, tapi jika anda memilih untuk membeli seporsi sate sapi, maka silahkan memilih sendiri jus atau aneka minuman segar yang tersedia di warung – warung tersebut.

Warung – warung tradisional di sekitar tempat ini mulai buka sejak dini hari selama 24 jam karena banyak sekali memiliki pelanggan sehingga mereka perlu mempersiapkan diri agar tidak tergesa – gesa dalam melayani pembeli, tapi jangan khawatir mereka atau anda tidak kebagian.

Pemilik warung sate di area ini sudah berpengalaman dalam membuka warung sate Apaleh sejak puluhan tahun silam.

Pelanggan Warung Makan Sate Apaleh Di desa Geurugok, kecamatan Gandapura, kabupaten Bireuen, Aceh.

Seperti dijelaskan di atas, setiap hari selama hari kerja di kantor swasta dan negeri, sejumlah pegawai dari Aceh Utara, Bireuen dan Lhokseumawe rutin singgah di warung – warung makan yang menjual sate Apaleh tersohor di seluruh kota Banda Aceh tersebut.

Mereka sudah menjadi pelanggan setia warung sate itu sejak puluhan tahun silam. Selebihnya adalah pengunjung biasa yang kebetulan melintas lewat jalur Medan – Banda Aceh.

Bahkan angkutan umum dari bemo biasa, taksi, ojek hingga bis pun menyempatkan untuk singgah ke warung ini sekedar untuk menuntaskan selera makan mereka terhadap keempukan daging sate Apaleh.

Baca Artikel Lainnya :

Salah seorang pembeli, Miswardi asal Aceh Utara, menjelaskan bahwa setiap kali ia melintas menuju Banda Aceh, dia dan keluarganya selalu menyempatkan diri untuk istirahat sebentar buat makan siang di salah satu warung sate Apaleh tersebut di atas.

Nah, anda penasaran ? Jika suatu hari nanti anda berkunjung ke Aceh, tuntaskan rasa penasaran anda dengan singgah sejenak di warung sate Apaleh sekedar makan siang.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *