Sebelas Penyebab Sakit Kepala

Sebelas Penyebab Sakit Kepala – Kebanyakan orang beranggapan bahwa sakit kepala hanya disebabkan oleh satu atau dua penyebab saja seperti terlalu banyak beban pikiran atau terkena benturan. Padahal di dunia ini terlalu banyak penyebab seseorang bisa sakit kepala.

1

Dengan mengetahui penyebab pasti akan sakit kepala maka proses penyembuhan akan berjalan lebih mudah. Tiap sakit kepala yang dirasakan masing-masing orang memiliki sebab yang berlainan dan tentu saja treatment atau obat yang digunakan juga akan beda.

Baca Juga :

Tidak semua sakit kepala bisa disembuhkan dengan obat-obatan. Ada sebagian sakit kepala yang bisa disembuhkan dengan rileksasi, yoga, istirahat / tidur, atau mengkonsumsi air putih.

Namun, pada umumnya dapat dideteksi ada 11 penyebab utama seseorang bisa sakit kepala :

1. Stres / Beban kerja berlebih

Mayoritas orang di seluruh dunia mengeluhkan sakit kepala karena stres. Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan dan tuntutan menyelesaikan segala sesuatu dengan cepat di duga sebagai penyebab utama sakit kepala.

2. Cuaca yang tidak menentu

Pada banyak kasus, khususnya mereka yang tinggal di perkotaan cuaca bisa menjadi penyebab seseorang sakit kepala. Terlebih pada musim pancaroba dimana suhu, kelembaban dan tekanan udara akan cepat berubah. Ketidakpastian tersebut akan membawa dampak negative pada otak yang tidak siap berupa sakit kepala.

3. Hormonal

Sakit kepala ini paling banyak diderita kaum hawa. Biasanya menyerang saat menjelang menstruasi. Tak sedikit efek yang timbul adalah keinginan untuk terus marah-marah meski tidak menemukan alasan yang jelas.

4. Diet yang salah

Banyak orang percaya diet bisa membuat seorang wanita tampil lebih baik. Untuk diet maka orang tersebut rela melakukan apa saja termasuk mengkonsumsi berbagai makanan rendah lemak yang sebagian kurang ramah untuk kepala. Ada sebagian dari makanan tersebut justru menjadi pemicu dari sakit kepala.

5. Konsumsi kafein, thein berlebih

Konsumsi kopi dan teh dalam jumlah yang sediki terbukti bisa menenangkan pikiran. Tapi bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih besar kemungkinan akan memiliki dampak negative. Bahkan pada beberapa kasus konsumsi kopi berlebih dapat membuat seseorang darah tinggi atau terkena stroke.

6. Terlambat atau kurang makan

Terlambat atau kurang makan mengakibatkan kadar gula dalam darah akan turun. Akibatnya selain terasa lemas atau tidak memiliki energy bisa berakibat pada kepala yang sakit. Meski begitu kelebihan kadar gula juga tidak baik, selain berpotensi menjadi penyakit diabetes juga dapat membuat sakit kepala.

7. Kurang tidur

Seseorang yang kurang istirahat memiliki kecenderungan sakit kepala. Otak dan kepala itu sama halnya dengan organ lain yang membutuhkan waktu untuk istirahat.

8. Terlalu banyak olahraga

Olahraga dalam batasan normal dapat membuat seseorang sehat. Tapi bila dilakukan dalam jumlah terlalu banyak mengakibatkan pembuluh darah terlalu lebar. Dengan demikian tekanan darah ke otak juga terlalu banyak dan akan menimbulkan sakit kepala.

9. Postur malas

Posisi seseorang dengan badan malas-malasan juga membuat sakit kepala. Terutama saat duduk tanpa sandaran punggung. Posisi menekuk dan yang tidak sewajarnya dapat membuat seseorang sakut kepala karena ada tegangan berlebih di leher.

10. Gesekan gigi

Biasanya terjadi pada malam hari sewaktu tidur. Gesekan gigi terjadi tanpa disadari si pelaku. Bila ada indikasi gesekan gigi sebaiknya waktu tidur mengenakan pengaman gigi agar tidak menimbulkan sakit kepala.

11. Terkena benturan

Benturan pada kepala dapat menyebabkan seseorang sakit kepala hingga pendarahan. Bila tidak segera dilakukan tindakan bisa terjadi bahaya semisal koma atau meninggal.

Sakit kepala yang menimpa pada masing-masing orang juga akan dipengaruhi faktor internal atau daya tahan tubuh orang tersebut. Semakin kuat system imun dimiliki maka semakin kecil potensi terserang sakit kepala. Sebaliknya, semakin lemah seseorang maka sakit kepala akan semakin mudah terjadi.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Sebelas Penyebab Sakit Kepala

  1. Pingback: 5 Makanan Sehat Untuk Penderita Kanker | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *