Seberapa Berpengaruh Bakteri Terhadap Kesehatan Anak

Setiap orang tua pasti selalu ingin agar anaknya tetap sehat tanpa terganggu serangan virus ataupun bakteri. Namun, apakah bakteri selalu memberikan dampak yang negative bagi kesehatan si kecil? Dan seberapa berpengaruh bakteri terhadap kesehatan anak?

Sebuah teori yang disebut Hygiene Hypothesis menyebutkan bahwa kontak manusia dan bakteri, khususnya ketika menginjak usia bayi dan balita, dapat membangun dan memperkuat sistem imun.

s 138

Dari teori ini, manusia membutuhkan semacam latihan untuk membentuk sistem imun yang kuat dalam menghadapi berbagai serangan bakteri lainnya.

Ketika anak mengalami serangan bakteri, maka sistem imunnya akan mengingat bakteri tersebut sehingga dikemudian hari sistem imun anak akan siap menghadapi serangan bakteri yang sama bahkan yang lebih berbahaya.

Namun walaupun bakteri mempunyai manfaat bagi kesehatan anak, bukan berate Anda dapat membiarkan anak Anda untuk bergelut dengan bakteri. Kebersihan dan kesehatan anak juga tetap harus diperhatikan. Sebagai orang tua, Anda tentu harus tahu mana batasan-batasan bagi anak Anda.

Lalu, jika bakteri itu baik, bagaimana dengan penggunaan antibiotic?

Penggunaan antibiotic memang terbukti ampuh untuk membunuh bakteri, namun seringkali orang tua salah dalam menggunakan obat yang satu ini.

Antibiotic adalah obat khusus yang digunakan untuk membunuh bakteri. Dan tidak semua penyakit yang diderita oleh anak disebabkan oleh bakteri, ada yang terserang kuman dan virus. Penyakit yang tidak disebabkan oleh bakteri tidak dapat disembuhkan dengan antibiotik, bahkan penggunaan yang sembarangan seperti ini justru akan menimbulkan resiko.

Salah menggunakan antibiotic dapat memperburuk kondisi anak karena bakteri yang seharusnya dibunuh tidak ada, maka antibiotic akan muai menyerang organ-organ tubuh. Selain itu, penggunaan antibiotic yang sembarangan juga dapat menyebabkan reaksi alergis pada anak.

Baca Artikel Lainnya :

Sering menggunakan antibiotic juga dapat memberikan dampak negative karena bakteri akan beradaptasi dan bermutasi. Bakteri yang pada awalnya dapat dimatikan oleh antibiotic memiliki sistem pertahanan yang lebih kuat sehingga antibiotic menjadi tidak ampuh lagi dalam menyembuhkan penyakit yang diderita anak.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *