Sedang Booming, Loloh Cemcem Bali Sebagai Minuman Kesehatan Khas Orang Bali

Minuman khas Bali ini sangat terkenal dikalangan anak – anak dan orangtua serta kian hari semakin digandrungi oleh masyarakat Bali adalah Loloh Cemcem.

h 95

Loloh Cemcemmerupakan minuman tradisional yang memiliki warna cantik yaitu hijau lumut ini semakin mudah dijumpai di warung makan, gerai khusus minuman khas Bali di pinggir – pinggir jalan raya atau alun – alun kota, pasar – pasar tradisional hingga swalayan terkemuka di Bali.

Seperti namanya, Cemcem, loloh atau jamu tradisional ini menggunakan bahan dasar dari daun cemcem dengan berbagai campuran daun lainnya, lalu diremas atau dihaluskan dengan memakai tangan atau cara – cara tradisional lainnya seperti ditumbuk dalam palungan dari kayu, tanpa menggunakan bahan – bahan pengawet sehingga hanya mampu bertahan 2 – 3 hari saja.

Selanjutnya, hasil olahan tersebut disaring dan dikemas dalam botol air mineral serta diberi label sesuai dengan rumah produksinya.

Ada dua jenis loloh yang dijual dalam produksi masal di pulau Bali, yakni Loloh Cemcem dan Loloh Kunyit Putih yang berasal dari desa Penglipuran, kabupaten Bangli, Bali.

Para pelaku bisnis UKM ini adalah ibu rumah tangga yang setiap hari selalu sibuk melayani pembeli di gerai mereka atau menerima pesanan. Harga per botolnya adalh Rp 8.000 untuk Loloh Cemcem, dan Rp 10.000 untuk Loloh Kunyit Putih.

Masing – masing jamu tradisional tersebut selain berfungsi sebagai pelepas dahaga, Loloh Cemcem juga memiliki khasiat kesehatan seperti melancarkan pencernaan serta menurunkan tekanan darah tinggi sedangkan Loloh Kunyit Putih berkhasiat untuk meredakan panas dalam dan membangkitkan nafsu makan.

Loloh ini berkhasiat untuk diminum saat di pagi hari atau bisa sebagai teman anda makan besar pada waktu siang hari.

Menurut beberapa pelaku bisnis UKM jualan loloh Bali, produk mereka bisa laris manis dalam satu hari mampu menjual loloh hingga Rp 2 juta sampai Rp 3 juta. Apalagi kalau hari sedang libur, hari Sabtu dan Minggu, jualan mereka lebih laris lagi.

Apa saja bahan – bahan untuk membuat Loloh Cemcem tersebut di atas ?

Bahan yang dibutuhkan adalah

  • daun cemcem segar (yang muda lebih bagus),
  • kayu manis, daun sirih,
  • daun jarak pagar,
  • daun dhadhap tis,
  • air kelapa muda (kelapa gading/kelapa hijau),
  • daging buah kelapa muda,
  • gula aren cair.

Cara membuatnya adalah

  • daun cem – cem dicuci bersih kemudian diremas atau dihaluskan dengan sedikit air  hangat sesuai kebutuhan.
  • Kemudian dicampur dengan kayu manis, daun sirih, jarak pagar, daun dhadhap tis.

Baca Artikel Lainnya :

  • Masukkan air kelapa muda dan gula aren cair. Aduk rata lalu saring dan sajikan dalam gelas saji.
  • Tambahkan potongan buah kelapa muda ke dalam loloh itu.
  • Anda juga bisa memberikan beberapa potong es batu dan perasan jeruk nipis.

Jadilah segelas rasa yang ramai yaitu pahit, manis, kecut, dan segar. Jika anda berminat, silahkan mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Selamat Mencoba !!!!

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *