Segudang Khasiat dan Manfaat dari Buah Sirsak

Segudang Khasiat dan Manfaat dari Buah Sirsak – Tahukah Anda, jika buah sirsak tidak hanya untuk pengonsumsian belaka. Kandungan yang dimiliki oleh buah sirsak ini ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal dan fungsi yang lainnya. Sirsak ini di sebut juga nangka Belanda. Ia merupakan tumbuhan buah yang mempunyai banyak sekali manfaat.

1

Sirsak ini sendiri berasal dari Karibia, Amerika. Daun dari sirsak memiliki kandungan senyawa Acetoginin. Acetoginin ini berada di dalam senyawa yang sangat tinggi fungsi. Zat ini yang membuat hama enggan untuk memakan pohon sirsak. Berikut adalah berbagai macam manfaat dari daun dan buah sirsak.

Obati kanker

Menurut berbagai macam penelitian yang dilakukan oleh ahli yang berasal dari Universitas Pardue di Amerika Serikat ini menyatakan jika daun sirsak mempunyai kandungan yang begitu baik untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti kanker.

Penelitian membuktikan jika daun sirsak ini bisa menghambat pertumbuhan dari sel kanker. Beberapa jenis kanker yang mampu diobati dengan menggunakan sirsak ini seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru, dan berbagai macam jenis kanker yang lain.

Asam urat

Daun sirsak ini juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Banyak sekali pengobatan alternatif yang menggunakan daun ini untuk mengobati asam urat. Caranya sangat mudah. daun sirsak yang telah tua dan masih hijau ambil 6 hingga 10 lembar, cuci hingga bersih. Potong daun sirsak, pemotongan ini untuk memastikan jika nantinya kandungan yang berada di daun sirsak akan benar-benar keluar. Rebus dengan 2 gelas air, dan biarkan mendidih hingga air bersisa 1 gelas. Minum ramuan ini setiap pagi dan malam.

Obati sakit pinggang

Bila Anda memiliki masalah di pinggang, Anda bisa mencoba ramuan daun ini. Ambil 20 lembar daun sirsak, dan rebus dengan menggunakan 5 gelas air. Biarkan hingga mendidih atau tersisa 3 gelas. Minum ¾ gelas 1 kali dalam sehari.

Membantu sistem kekebalan tubuh

Kandungan yang berada di dalam daun sirsak juga ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah adanya infeksi yang ada di tubuh. Caranya mudah, Anda tinggal menyiapkan 4 hingga 5 lembar daun, dan rebus dengan 3 gelas air, biarkan mendidih dan menyusut hingga 1 gelas. Minum 1 kali dalam sehari.

Eksim serta rematik

Untuk mengobati eksim serta rematik, Anda bisa menumbuk daun sirsak hingga halus dan tempel ke bagian tubuh yang sedang terasa linu. Pakai secara teratur 1 hari 2 kali.

Mengobati bisul

Petik daun sirsak yang masih muda, tempelkan ke tubuh yang sedang terkena bisul. Lakukan perawatan ini hingga bisul membaik.

Mengobati ambeien

Bila tadi daun sirsak yang dimanfaatkan untuk pengobatan, sekarang ini giliran buah sirsak, untuk buah sirsak caranya dengan peras buah sirsak yang telah masak, ambil airnya hingga mencapai 1 gelas, dan minum 2 kali dalam sehari yakni sore dan pagi.

Anyang-anyangen (kencing sedikit-sedikit)

Siapkan buah sirsak yang sedang setengah masak, serta gula pasir, kupas sirsak dan rebus dengan gula secara bersama-sama dengan menggunakan air sebanyak 2 gelas. Saring dan minum air.

Sakit kandung air seni

Untuk mengobati sakit kandung seni, caranya dengan siapkan buah sirsak yang sedang setengah masak, dan gula secukupnya. Masak segala macam bahan menjadi kolak. Lakukan hal ini dengan rutin selama 1 minggu.

Obati liver

Untuk pengobatan liver, Anda hanya perlu mengkonsumsi jus sirsak selama 1 minggu untuk mengganti makanan.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *