Sehatkan Kulit dan Mata dengan Vitamin A

Sehatkan Kulit dan Mata dengan Vitamin A – Vitamin merupakan salah satu nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Vitamin berperan dalam menjalankan fungsi- fungsi tertentu sesuai dengan jenis vitamin tersebut.

Untitled

Tubuh yang kekurangan vitamin akan mengalami kesehatan yang kurang baik sehingga dalam mengkonsumsi makanan sebaiknya yang mengandung nutrisi- nutrisi penting termasuk vitamin- vitamin tersebut.

Salah satu vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh ialah vitamin A. Vitamin ini merupakan jenis vitamin yang mudah larut dalam lemak sehingga cepat diserap oleh tubuh. Tubuh memerlukan vitamin A karena vitamin tersebut berperan penting dalam kesehatan indera penglihatan dan kulit.

Indera penglihatan yang dimaksud ialah mata yang merupakan salah satu organ tubuh vital yang berfungsi untuk melihat segala sesuatu dilingkungan sekitar.

Mata termasuk kedalam bagian organ tubuh yang sangat rentan dan sensitif sehingga perlu diperhatikan kesehatannya. Seseorang yang kurang mengkonsusmi vitamin A akan mengalami katarak dan mata akan mudah sakit. Sedangkan manfaat vitamin A untuk kesehatan kulit yaitu sebagai antioksidan yang memiliki peran dalam menangkal radikal bebas.

Antioksidan pada vitamin A tersebut biasanya disebut sebagai beta karoten. Radikal bebas yang dapat menyerang kulit tubuh berasal dari lingkungan luar seperti terlalu lama terpapar sinar matahari serta terkena debu dan polusi yang dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan kusam.

Selain itu kulit seseorang yang kekurangan vitamin A juga akan lebih cepat mengalami penuaan dini. Tentu hal tersebut sangat menggangu karena akan mempengaruhi penampilan kita terhadap orang lain.

Banyak produk- produk kesehatan berupa suplemen vitamin A yang umumnya dalam bentuk tablet atau kapsul. Suplemen tersebut memang penting untuk dikonsumsi demi menjaga keseimbangan asupan vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh. akan tetapi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut sebaiknya dengan cara alami yaitu dengan mengkonsumsi sayur dan buah- buahan.

Umumnya vitamin A ini terdapat pada sayur dan buah- buahan yang memiliki warna merah seperti wortel, tomat, strawberry, dan yang lainnya. Selain lebih hemat dan aman untuk dikonsumsi, terdapat nutrisi lain yang juga akan didapatkan oleh tubuh sehingga jumlah nutrisi yang ada seimbang dan tidak berlebih. Kelebihan mengkonsumsi vitamin A juga tidak baik bagi kesehatan khususnya bagi kaum wanita karena akan berdampak pada kurang lancarnya siklus haid.

Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, vitamin A juga memiliki fungsi lain bagi kesehatan tubuh yaitu mempercepat perkembangan sel- sel baru dan sebagai antibodi. Seseorang yang rajin mengkonsumsi vitamin A akan memiliki mata dan kulit yang lebih sehat dan indah selain itu seseorang tersebut juga tidak akan mudah terserang penyakit karena sistem imun yang dimiliki cukup banyak dari mengkonsumsi vitamin A tersebut.

Oleh sebab itu mari kita rajin mengkonsumsi sayur dan buah- buahan yang mengandung banyak vitamin A agar tubuh kita tetap sehat termasuk mata dan kulit.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *