Sejarah Asal Muasal Suku Jawa di Indonesia

Bila membahas asal usul dari suku Jawa memang tidak jauh berbeda dengan adanya asal usul Indonesia, dengan keseluruhan yakni ketika ditemukannya fosil yang berasal dari Homo Erectus yang telah dikenal dengan Manusia Jawa, oleh seorang ahli anatomi dari Belanda bernama Eugene Dubois di tahun 1891 yang berada di Trinil. Tidak beberapa lama, kemudian di Sangiran pun juga ditemukan fosil yang lain yang berasal dari spesies yang sama yakni di tahun 1930.

fia 87

Kepercayaan utama yang dianut oleh Jawa sendiri ialah animisme serta terus berlanjut hingga akhirnya dai-dai Hindu Budha tiba di Indonesia yang bermula dari terjadinya kontak dagang dengan subkontinen India yang membuat masyarakat Jawa lebih tertarik untuk menganut agama yang baru ini dikarenakan mampu untuk menyatu dengan filosofi lokal yang begitu unik.

Tempat berkumpul dari kultur Jawa ialah Kedu dan juga Kewu yang berada di lereng Gunung Merapi. Beberapa dinasti kuno menjadikan tempat ini sebagai pusat kekuatan.

Perkembangan suku Jawa ini dimulai sangat signifikan saat Kartanegara memerintahkan Kerajaan Singasari di akhir abad 13. Raja yang begitu senang memperluas wilayah kekuasaannya ini melakukan berbagai macam ekspedisi besar contohnya ke Bali, Madura, Kalimantan, dan juga Sumatera hingga akhirnya Singasari dapat menguasai perdagangan yang berada di Selat Malaka dan menyusul kerajaan Melayu.

Saat Majapahit begitu banyak mengalami permasalahan tentang siapakah yang menjadi penerus, beberapa perang sipil pun terjadi serta membuat Majapahit kehilangan kekuatan mereka. saat Majapahit ini runtuh, pulau Jawa pun mulai berubah dengan perkembangan Islam.

Keruntuhan Majapahit ini juga menjadi momentum bagi Kesultanan Demak untuk menjadi kerajaan yang begitu kuat. Kesultanan ini nantinya pun juga memainkan peranan yang begitu penting untuk menghalau kekuatan kolonial Portugis yang nanti akan datang.

Suku Jawa diperkirakan mempunyai kaitan dengan migrasi penduduk Austronesia yang menuju Madagaskan di abad yang pertama. Walaupun memang kultur utama yang berasal dari migrasi ini lebih dekat dengan suku yang berada di Kalimantan. Ratusan tahun setelahnya banyak saudagar Jawa yang bermukim di tempat lain Nusantara.

Di akhir abad 15 menyusul runtuhnya Majapahit serta berkembangnya Muslim yang berada di pantai Utara Jawa. Banyak sekali orang Hindu yang berasal dari Jawa bermigrasi ke Bali serta berperan di dalam majunya kultur Bali.

Perlu Anda ketahui, ternyata selain berada di dalam negeri, ternyata suku Jawa ini juga muncul pada semenanjung Malaya begitu lama. Hubungan antara Malaka dengan Jawa sendiri ialah hal yang begitu penting serta berperan besar di dalam berkembangnya Islam di negara Indonesia, dikarenakan banyak sekali misionaris Islam yang sengaja di kirim dari Malaka hingga ke beberapa daerah perdagangan pada Pantai utara Jawa.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

One thought on “Sejarah Asal Muasal Suku Jawa di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *