Sejarah Asal Mula Monas

Monas merupakan bangunan sejarah paling terkenal di Jakarta Pusat. Pembangunan Monumen Nasional ini selesai dibangun pada tanggal 12 Juli 1975 yang dijadikan sebagai tanggal peresmian pembangunan Monas. Tugu Monas memiliki tinggi mencapai 132 meter yang bertempat di Lapangan Merdeka Jakarta.

Monas mulai dibangun ketika pusat pemerintahan kembali ke Jakarta yang sebelumnya berpusat di Yogyakarta, yang juga bertepatan dengan pengakuan kedaulatan RI oleh pemerintah Hindia-Belanda pada tahun 1949.

p 3

Pada pengakuan kedaulatan ini Ir. Soekarno ingin mendirikan sebuah monument Nasional yang setara dengan menara Eiffel. Tujuan didirikan monument ini adalah untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia pada masa revolusi merebut kemerdekaan RI.

Monumen ini didirikan berdasarkan rancangan terakhir dengan sayembara untuk mendapatkan rancangan yang sesuai dengan karakter bangsa Indonesia, selain itu rancangan monument tersebut harus bertahan lama bahkan berabad-abad.

Sayembara itu dilakukan selama 2 kali, akan tetapi komite sayembara tidak mendapati kriteria yang diminta presiden. Dari sayembara pertama, komite sayembara memilih Silaban untuk menunjukkan rancangan yang ia buat terhadap presiden.

Setelah Silaban menunjukkan rancangan itu terhadap presiden, ternyata presiden tidak begitu suka. Soekarno akhirnya angkat bicara bahwa rancangan monumen yang ia ingini adalah monumen yang berbentuk lingga dan yoni.

Silaban kemudian merancang bangunan sesuai dengan permintaan presiden. Rancangan yang dibuat Silaban akhirnya selesai, akan tetapi rancangan yang ia buat terlalu megah, sehingga memerlukan biaya yang banyak untuk membuatnya.

Silaban pun diminta Untuk menyederhanakan rancangan yang ia buat, akan tetapi ia menolak permintaan tersebut. Presiden Soekarno akhirnya meminta seorang arsitek yang bernama R.M. Soedarsono untuk melanjutkan rancangan yang telah dibuat.

Baca Artikel Lainnya :

Soedarsono pun memulai merancang monument nasional itu dengan memasukkan angka 17,8 dan angka 45 kedalamnya, angka tersebut memiliki arti sendiri bagi bangsa Indonesia yakni tanggal proklamasi kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustus 1945.

Rancangan tersebut akhirnya dapat direalisasikan dan dibangun dengan luas 80 hektare yang terdapat di lapangan Istana Merdeka.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *