Sejarah Asal Mula Terbentuknya Gunung Merapi

Sejarah Asal Mula Terbentuknya Gunung Merapi – Gunung merapi merupakan salah satu nama gunung yang ada di daerah Yogyakarta tepatnya di kabupaten Sleman. Gunung ini merupakan gunung yang dapat meletus dan menyemburkan magma juga debu yang dahsyat. Seperti beberapa waktu dulu dimana saat itu Gunung Merapi telah menjadi pusat perhatian karena aktif dan meletus yang berdampak pada daerah disekitarnya.

1

Konon sebelum Gunung Merapi tersebut ada, terdapat suatu kisah legenda yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai asal mula terbentuknya gunung tersebut, berikut kisahnya.

Pada jaman dahulu, pulau jawa mrupakan pulau yang besar namun memiliki bentuk yang miring atau tidak seimbang, berdasakan hal tersebut para dewa dari khayangan bermaksud untuk mendirikan sebuah gunung yang kemudian akan diletakan ditengah pulau jawa tersebut agar tidak miring lagi dan seimbang.

Lalu para dewa memutuskan untuk memindahkan Gunung Jamurdipa yang berada di laut selatan ke pulau jawa tersebut tepatnya di daerah kabupaten sleman karena tempat tersebut memiliki tempat yang datar. Sementara itu di tempat Gunung Jamurdipa tersebut terdapat dua orang empu pembuat keris yang bernama Empu Rama dan Empu Pamadi.

Keduanya merupakan pembuat keris yang sakti karena mereka tidak menggunakan alat- alat dalam membuat kerisnya melainkan dengan kepalan tangannya sendiri. Setiap kali mereka mengempalkan tangan ke suatu batang logam atau besi maka akan tercipta percikan api.

Saat itu para dewa datang untuk menyampaikan maksud kedatangannya yaitu memindahkan Gunung Jamurdipa ke pulau Jawa. Sebenarnya kedua Empu tersebut merasa keberatan karena Gunung Jamurdipa tersebut merupakan tempat mereka membuat keris dan mereka tidak mau dipindahkan.

Para dewa sebenarnya telah menjanjikan tempat baru yang lebih nyaman bagi kedua pembuat keris tersebut namun keduanya tetap menolak. Para dewa telah menjelaskan bahwa apabila Gunung Jamurdipa tidak juga dipindahkan maka pulau Jawa akan semakin miring oleh karena itu gunung tersebut harus segera dipindahkan. Kedua empu pembuat keris tetap bersikukuh terhadap pendirianya dan rela bertarung demi mempertahankan Gunung Jamurdipa.

Kemudian dari khayangan dewa meniupkan Gunung Jamurdipa hingga melayang  dan terbang menimbun kedua empu yang sedang membuat keris tersebut. Empu Rama dan Empu Pamadi terjebak di dalam Gunung Jamurdipa tersebut dan berpindah hinga ke pulau Jawa. Empu Rama dan empu Pamadi tewas di dalam gunung tersebut kemudian perapian tempat mereka membuat keris berubah menjadi kawah berapi di dalam Gunung Jamurdipa tersebut oleh sebab akhirnya berubahlah menjadi Gunung Merapi.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *