Sejarah Awal dan Perkembangan Komputer

Dewasa ini komputer menjadi sebuah peralatan elektronik yang memiliki manfaat segudang terutama dari segi pekerjaan. Perangkat komputer mampu menjadikan beberapa jenis pekerjaan, kerajinan, kesenian, dan sebagainya menjadi lebih mudah. Hal ini menjadikan hampir semua pekerjaan diselesaikan dengan perangkat komputer.

fu 79

Bahkan sejak masih usia dini anak-anak sudah diperkenalkan dengan peralatan elektronik satu ini. Diharapkan mampu mengenal komputer dan menggunakannya dengan baik untuk mampu mengikuti perkembangan zaman.

Sejarah Awal Ditemukannya Komputer

Dahulu ketika belum mengenal komputer, berbagai ilmuwan melakukan penelitian untuk menciptakan alat bantu yang fungsional. Suatu ketika oleh seorang ilmuwan bernama Charles Babbage berhasil menciptakan alat bantu menghitung. Alat hitung ini kemudian mengalami perkembangan yang cukup pesat oleh ilmuwan lainnya dan menjadi cikal bakal tumbuhnya komputer seperti yang Kita kenal sekarang ini.

Perkembangan komputer dari awal hingga seperti yang terlihat sekarang, dibagi ke dalam beberapa generasi. Yakni:

  1. Generasi pertama,

Perkembangan komputer di generasi pertama digagas oleh seorang Insinyur asal Jerman, yakni Konrad Zuse. Komputer digunakan untuk mendesain pembuatan pesawat dan juga peluru kendali sehingga menciptakan desain detail dan perhitungan terperinci. Komputer pada generasi ini berupa CPU dan program di dalamnya berupa machine language.

  1. Generasi kedua,

Tahapan generasi kedua ini ditemukannya alat yang disebut sebagai transistor, ukurannya cukup kecil namun mampu memaksimalkan kerja komputer. Masa ini kemudian menjadikan komputer mulai dimanfaatkan di semua instansi termasuk sekolah. Perkenalan ini karena perubahan besar komputer dari yang tadinya berukuran besar menjadi lebih kecil.

  1. Generasi ketiga,

Komputer generasi kedua mulai ditinggalkan karena dengan adanya transistor membuat komputer mudah atau cepat panas. Oleh peneliti Jack Billy, kemudian mampu menciptakan IC atau Integrated Circuit yang mampu menjadikan komputer tidak mudah panas. Penggunaan IC juga menjadikan komputer mampu membuka banyak program sekaligus secara bersamaan.

  1. Generasi keempat,

Penemuan IC atau chip pada tahun 1980-an kemudian dikembangkan oleh perusahaan Very Large Scale Integration. Pengembangan ini kemudian mampu menghasilkan sebuah chip dengan ukuran kecil namun mampu menampung hingga ribuan komponen. Generasi keempat ini kemudian mulai dikenal PC atau Personal Computer yang mulai digunakan oleh perorangan. Mulai generasi keempat ini kemudian mulai berkembang perangkat komputer portable atau yang Kita kenal sebagai Laptop.

  1. Generasi kelima,

Perkembangan komputer terus berjalan, pada generasi kelima ini komputer kemudian mendapatkan sebutan sebagai perangkat komputer masa depan. Perkembangan komputer dilakukan oleh para vendor produk elektronik yang ada di pasaran seluruh dunia. Pengembangan ini menjadikan Kita mulai mengenal berbagai media komunikasi pintar.

Sebut saja perangkat smartphone, tablet, netbook, ultrabook, dan lain sebagainya. Perkembangan pun semakin pesat dengan mulai dikenalkannya komputer yang penggunaannya tanpa harus melakukan kontak fisik dan perintah diproses melalui otak manusia.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *