Sejarah Awal Masuknya Islam ke Jawa

Dahulu, mayoritas masyarakat di tanah Jawa menganut kepercayaan animisme dan juga beberapa yang menganut dinamisme. Kemudian ada beberapa pedagang yang masuk ke tanah Jawa memperkenalkan agama Hindhu dan berlanjut ke agama Budha.

fu 78

Adanya kesamaan dengan kepercayaan sebelumnya dari beberapa sisi menjadikan kedua agama tersebut berkembang dengan baik. Kemudian menjadikan mayoritas penduduk di Jawa memiliki kepercayaan Hindhu maupun Budha.

Seiring berjalannya waktu, tanah Jawa semakin berkembang dan didatangi oleh banyak orang dari berbagai negeri. Hal ini kemudian membuat agama Islam masuk ke tanah Jawa, diperkenalkan oleh para pedagang dan ulama.

Menjadikannya sebagai kepercayaan yang mudah diterima, dan hingga sekarang penduduk di Pulau Jawa mayoritas beragam Islam. Melihat Islam sebagai agama mayoritas dan adanya agama lain sebelumnya tentu ada sejarah bagaimana Islam masuk dan dikenal masyarakat Jawa.

Sejarah Masuknya Islam

Islam masuk ke Jawa dimulai dari daerah di pesisir utara pulau Jawa, lebih tepatnya di desa Leran, dimana ditemukannya makam keluarga dari keturunan Hibatullah. Masuknya Islam dibawa oleh para pedagang yang berasal dari Gujarat dan juga Persia.

Kedua negara ini merupakan negara dengan penganut agama Islam dan di negara tersebut dikenalkan Islam oleh orang-orang dari Arab. Masuknya Islam pertama kali diketahui dengan ditemukannya makam Fatimah binti Maimun dan juga Maulana Malik Ibrahim.

Jalan Masuknya Islam

Masuknya agama Islam diperkenalkan oleh para pedagang, dan beberapa merupakan ulama dengan ilmu agama yang baik. Perkenalan agama Islam ini tentunya dengan cara tersendiri sehingga bisa diterima oleh masyarakat sekitar. Pendekatan yang dilakukan tentu saja bertujuan untuk memperkenalkan dengan cara yang tepat. Tidak menyinggung perasaan bagi penganut agama sebelumnya, dan cara yang digunakan ada banyak. Diantaranya adalah melalui:

  1. Melewati proses perdagangan,

Pedagang yang memeluk agama Islam dari negara lain tidak hanya menjual barang dagangan, namun juga memperkenalkan agama Islam. Cara ini menjadi salah satu metode perdagangan yang baik dimana pembahasan tidak melulu mengenai persoalan harga.

  1. Melalui perkawinan,

Beberapa pedagang Islam yang masuk, kemudian merasa tertarik dengan penduduk Jawa kemudian menikah. Pernikahan ini juga menjadi salah satu jalan memperkenalkan Islam dengan cara yang bijak da tidak menyakiti hati siapa pun.

  1. Melalui kesenian tradisional,

Penyebaran agama Islam juga memanfaatkan kesenian tradisional yang ada dengan mengubah atau menambahkan cerita di dalamnya. Kesenian yang digunakan antara lain kesenian wayang kulit, seni kaligrafi, nyanyian dolanan, kesenian tari, ukir, dan lain sebagainya.

  1. Melalui bidang pendidikan,

Kyai dan ulama yang masuk ke Jawa kemudian juga memberikan bantuan pendidikan, lewat cara ini dimanfaatkan pula untuk memperkenalkan Islam.

Berbagai metode pengenalan yang diambil menjadikan Islam berkembang pesat, seiring berjalannya waktu pemeluknya terus bertambah.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *