Sejarah Awal Mula Penjajahan Belanda di Nusantara

Belanda adalah satu-satunya penjajah yang menjajah Indonesia paling lama, yaitu selama 350 tahun atau 3,5 abad. Bisa dibayangkan bagaimana bangsa ini sangat tersiksa dan menderita. Oleh karena itu mari kita ulas secara singkat bagaimana awal hingga akhir penjajahan Belanda di Indonesia.

fu 94

Awal Kedatangan Belanda

Cornelis de Houtman dan Pieter Keyzer tiba di Indonesia tepatnya di pelabuhan Banten pada tahun 1956. Namun sayang, akibat sikap arogansi Cornelis De Houtman, pasukan Belanda yang datang kurang disambut baik oleh rakyat terutama oleh penguasa wilayah Banten.

Dua tahun kemudian, Belanda coba datang lagi ke Indonesia dipimpin oleh Jacob Van Neck. Dan kedatangan kedua ini berhasil mendapat sambutan baik dari rakyat karena mereka tidak arogan seperti Cornelis De Houtman.

Belanda pun mulai melakukan perdagangan rempah-rempah setelah mendapat izin. Dengan memanfaatkan situasi tersebut, mulailah Belanda menjalankan maksud licik mereka dengan memonopoli perdagangan.

Pembentukan dan Pembubaran VOC

VOC (Verenigde Oostindische Compagnie) didirikan pada tanggal 20 Maret 1602 oleh Belanda dan memiliki hak memonopoli perdagangan di wilayah Asia, pusat kedudukannya di Batavia. Tujuan dibentuknya VOC adalah:

  • Untuk menguasai kerajaan-kerajaan serta pelabuhan penting di Indonesia.
  • Memonopoli perdagangan.
  • Mengurangi persaingan antara pedagang Eropa dengan Belanda.

Penduduk yang di monopoli VOC diperlakukan dengan kekerasan dan tidak manusiawi. Belanda juga melarang orang luar bukan bangsa Belanda yang ingin melakukan hubungan perdagangan dengan penduduk yang bermata pencaharian menghasilkan rempah-rempah. Kemudian pada tahun 1799 VOC akhirnya dibubarkan karena mengalami kebangkrutan.

Penyebabnya adalah karena terlilit hutang, pegawainya tidak bisa mengendalikan monopoli perdagangan, kemerosotan moral para penguasa, banyak pasukan VOC yang tewas, aturan yang sudah dibuat VOC tidak berjalan dengan baik.

Awal Berdirinya Hindia Belanda

Louis Bonaparte diangkat sebagai kaisar Belanda oleh Napoleon Bonaparte. Setelah menduduki tahta sebagai raja, Louis Bonaparte memerintah Herman William Daendels menjadi Gubernur Jenderal di Indonesia. Daendels diberi tugas untuk menjaga pertahanan pemerintah Indonesia dari serangan Inggris dan mengatur pemerintahan.

Namun perintah ini dilanggar olehnya dengan menjual tanah negara kepada para partikelir. Selain itu banyak rakyat Indonesia yang dirugikan olehnya, maka dari itu Daendels pun ditarik dari jabatannya. Setelah lungsurnya Daendels, pemerintahan berpindah-pindah kekuasaan.

Ketika sistem tanam paksa sudah ditiadakan, maka muncullah politik baru yaitu politik pintu terbuka. Dimana diperbolehkan masuknya modal asing. Namun sistem ini pun sama saja dengan tanam paksa, karena semakin menambah penderitaan rakyat dan menimbulkan banyak pemberontakan di berbagai daerah di Indonesia. Sampai pada akhirnya masa penjajahan Belanda pun berakhir.

Akhir Masa Penjajahan Hindia Belanda

Pemerintahan Belanda berakhir ketika mendapat serangan dari Jepang. Armada Belanda, Amerika, Australia dan Inggris berhasil dipukul mundur pada tanggal 27 Februari 1942. Penyerahan diri Belanda diwakilkan oleh Tjrda Van Stankenborgh Stachouwer disusul dengan penangkapannya.

Demikianlah sejarah singkat Belanda di Indonesia. Dengan semakin majunya perkembangan zaman, semoga tidak akan pernah ada lagi penjajahan keji seperti di masa lampau.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

One thought on “Sejarah Awal Mula Penjajahan Belanda di Nusantara

  1. Kolonial Belanda

    Kedatangan Belanda di Indonesia berawal dari kedatangan Cornelis de Houtman pada bulan Juni 1596 dan akhirnya mereka resmi menancapkan jaring kekuasaannya setelah VOC dibentuk tanggal 20 Maret 1602 atas usul Johan van oldenberneveldt…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *