Sejarah Bendera Kebangsaan Merah Putih

Setiap negara memiliki bender kebangsaan, termasuk pula Indonesia yang memiliki bendera negara sang Saka Merah Putih. Berbicara seputar bendera Merah Putih maka Kita akan kembali membahas mengenai sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. Ada sejarah panjang yang menjadi asal muasal lahirnya bendera Merah Putih yang menjadikannya simbol negara tertinggi. Ada perjuangan yang menjadikan Merah Putih berhasil dikibarkan dengan leluasa hingga sekarang.

fu 81

Sejarah Merah Putih

Bendera Merah Putih berdasarkan catatan sejarah yang ada di kerajaan Indonesia, boleh dikatakan sudah ada sejak zaman kerajaan dahulu. Kemudian ada pula keyakinan banyak orang bahwa warna bendera negara Kita diambil dari warna kerajaan Majapahit. Kemudian penggunaan moto nasional ternyata juga selaras dengan sebuah karya puisi jawa kuno. Puisi tersebut berjudul Kakawin Sutasoma yang dibuat pada masa berjayanya kerajaan Majapahit, dan tepatnya dibuat oleh Mpu Tantular.

Kemudian ada pula orang yang mempercayai bahwa jauh sebelum ada kerajaan Majapahit, sudah ada bendera Merah Putih. Yakni pada tahun 1292 yang bendera Merah Putih dikibarkan oleh para tentara dari Jayakatwang. Sebagai tanda bahwa telah memenangkan perang melawan kerajaan Kertanegara yang berasal dari Singosari . Catatan sejarah yang menyebutkan peristiwa tersebut adalah catatan Jawa Kuno yang didalamnya tertera informasi ditulis pada tahun 1216 Caka atau tepatnya 1254 masehi.

Bendera dengan warna yang sama juga digunakan pada masa kerajaan Majapahit, sesuai yang termuat di dalam buku karya Mpu Prapanca. Judul buku tersebut adalah buku Negarakertagama yang menyebutkan bahwa bendera Merah Putih merupakan benda yang sifatnya sakral.

Bendera ini kerap digunakan sebagai perlengkapan dalam menjalankan ritual tertentu. Ada pula beberapa bukti peninggalan kerajaan Majapahit ini yang membuktikan bahwa bendera Merah Putih sudah digunakan sejak lama.

Penggunaan bendera berwarna merah putih ternyata tidak hanya oleh kerajaan Majapahit saja melainkan beberapa kerajaan besar lainnya. Sebut saja Singosari, yang oleh rajanya yakni Sisingamangaraja IX menggunakan bendera tersebut sebagai panji dalam setiap pertempuran yang dihadapi.

Bendera Merah Putih di Masa Penjajahan

Sejak dahulu bendera merah putih sudah membentuk identitas bangsa Indonesia, pengibarannya terus diusahakan meski selalu menghadapi kegagalan. Kemerdekaan yang Kita nikmati sekarang merupakan perjuangan yang panjang. Dimulai pada tahun 1908 dimana awal berdirinya sebuah pergerakan kemerdekaan Budi Oetomo. Menjadi pergerakan nasionalis terbesar dan memiliki kekuatan untuk mendesak posisi penjajah, yakni Belanda, untuk terjepit.

Pengibaran bendera tercata dilakukan beberapa kali, dan yang memiliki pengaruh besar adalah pada tahun 1928 sebagai ekspresi nasionalisme melawan penjajahan Belanda. Kemudian di tahun 1940 invasi Jepang masuk ke tanah air dan mengusir pendudukan Jepang.

Tahun 1945 kemudian oleh Jepang membentuk BPUPKI yang bertugas menyiapkan kemerdekaan Indonesia. Jepang kalah dalam PD II dan proklamasi dibacakan, ditandai pengibaran Merah Putih sehari semalam yang sudah dijahit tangan oleh Bu Fatmawati.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *