Sejarah Berdirinya Google

Anda tentu tahu Google bukan? Google sudah menjadi kebutuhan setiap orang di masa millenium ini. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah berdirinya mesin pencari terbesar di dunia ini? Mari kita simak bersama.

Kata ‘Google’ sebenarnya berasal dari kata ‘Googlo’ yang diciptakan oleh Milton Sirotta yang merupakan ponakan dari Edward Kasner—ahli matematika Amerika Serikat.

l 47

Milton Sirotta membuat kata Googlo sebagai istilah untuk menyebutkan angka satu (1) yang diikuti oleh seratus angka nol (0). Oleh sebab itu, cara penggunaan kata Google ini merupakan pencerminan dari kata ‘Googlo’.

Ingat sewaktu Anda menelusuri suatu kaca kunci, kemudian Anda mendapatkan hasil penelusurannya? Jumlah huruf ‘O’ pada kata ‘Google’ akan setara dengan jumlah halaman hasil penelusuran. Unik bukan? Sekarang kita tahu bagaimana sejarahnya dan apa penyebabnya.

Tak hanya asal katanya yang unik. Sebab, bagaimana proses terlahirnya mesin pencari terbesar dunia ini lebih unik lagi.

Google dapat dikatakan terlahir dari pertemuan secara tidak sengaja oleh dua pemuda pada sekitar tahun 1995 silam. Larry Page, pemuda berusia 24 tahun, seorang alumnus dari Universitas Michigan kala itu sedang menikmati kunjungan akhir pekannya.

Secara tak sengaja, ia dipertemukan dengan Sergey Brin, seorang murid berusia 23 tahun yang mendapat tugas untuk mengantar Lary berkeliling.

Mereka terlibat diskusi yang panjang dan cukup melelahkan. Mengingat mereka selalu tak sependapat dengan ini maupun itu. Namun, hal itu sama sekali bukan masalah. Justru disana mereka menemukan kecocokan dan jalan keluar.

Mereka berupaya menyelesaikan masalah bagaimana memperoleh kembali data dari set data masif.

Berawal dari pertemuan secara tidak sengaja, akhirnya pada Januari 1996, keduanya mulai melakukan kolaborasi membuat mesin pencari yang diberi nama BackRub.

Setahun kemudian, reputasi BackRub meningkat berkat pendekatan unik mereka. Sehingga kabar mengenai teknik baru search engine menjadi berita heboh di seluruh penjuru kampus.

Sepanjang tahun 1998, Larry dan Sergey bekerja keras menyempurnakan teknologi Google. Mereka juga sudah mulai mencari investor untuk mendanai dan mengembangkan teknologi Google.

Akhirnya, mereka mendapatkan dana dari teman sekampus bernama Andy Bechtolsheim—pendiri Sun Microsystem. Namun, sayangnya Andy memberikan cek senilai 100 ribu Dollar AS dengan atas nama perusaan Google. Sedangkan, Larry dan Sergey jelas belum mendirikan perusahaan Google tersebut.

Jadilah, mereka harus memutar otak kembali dan mencari talangan dana. Akhirnya, dana didapatkan dari keluarga, kerabat, dan teman mereka. Dana terkumpul sampai 1 juta Dollar AS. Sehingga, perusahaan Google pun dapat didirikan pada tanggal 7 September 1998. Perusahaan ini dibuka secara resmi di Menlo Park, California.

Google membawa misi untuk mengumpulkan informasi dari seluruh penjuru dunia dan menjadikannya dapat diakses secara umum dan berguna.

Baca Artikel Lainnya :

Google juga memiliki slogan yang cukup unik seperti “Kerja seharusnya menantang, dan tantangan itu seharusnya juga menyenangkan”. Ini mencerminkan bahwa Google bekerja secara rileks dan santai.

Google merupakan perusahaan dengan predikat nomor. Ia berjejer dengan 99 perusahaan lainnya dalam kategori perusahaan paling diminati di Amerika. Sampai saat ini, Google mempekerjakan lebih dari 10 ribu pegawai.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *