Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara di Sunda

Dahulu ada banyak sekali kerajaan besar yang ada di tanah Indonesia, dan salah satunya ialah kerajaan Tarumanegara. Kerajaan Tarumanegara berdasarkan catatan sejarah dalam bukti sebuah prasasti diketahui mulai berdiri sejak tahun 358 Masehi. Kerajaan ini merupakan salah satu kerajaan di nusantara yang memiliki corak budaya Sunda-India. Raja kelima kerajaan Tarumanegara adalah Purnawarman yang menjadi raja pertama yang membuat prasasti di tanah Jawa.

fu 3

Kerajaan Tarumanegara berdiri dekat dengan kawasan Jakarta yang seperti Kita ketahui sekarang, dan di tangannya dilakukan pembangunan kanal. Pembangunan kanal ini memiliki tujuan untuk mengubah arus sungai Cakung dan mampu mengeringkan kawasan pantai.

Kawasan pantai yang telah mengering ini diharapkan dapat dipergunakan untuk kebutuhan pemukiman rakyatnya. Beberapa area di lokasi pantai yang mengering ini juga dijadikan sebagai lahan pertanian untuk mencukupi kebutuhan pangan kerajaan Tarumanegara dan rakyatnya.

Belajar Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanega

Menurut catatan sejarah di dalam sebuah buku tua, kerajaan Tarumanegara ini berdiri pertama kali pada tahun 358 M. kemudian berdirinya di bawah kepemimpinan Raja Maharshi Rajadirajaguna Jayasingawarman yang juga menjadi raja pertama bagi kerajaan Tarumanega.

Jasasingawarman ini merupakan salah satu pembesar di dinasti Salankayana yang berada di India. Beliau kemudian menetap dan mempersunting seorang putri Sunda, yakni dari Raja Damawarman VIII yang berasal dari Salakanagara. Kerajaan yang dipimpin oleh raja Damawarman VIII juga merupakan kerajaan di Jawa Barat yang bercorak India.

Pada tahun 382 M, Raja Jayasingawarman wafat dan kemudian jasadnya dikebumikan di belakang sungai Kali Gomati. Lokasi Kali Gomati ini yang sekarang Kita kenal dengan daerah Bekasi di kawasan Jakarta Pusat. Tampuk kepemimpinan kemudian beralih ke bawah tangan putranya, yakni Dharmayawarman. Dharmayawarman memegang kepemimpinan dari sejak tahun 382 hingga 395 M, yang kemudian digantikan lagi ole Purnawarman. Selama berada di bawah kepemimpinan Purnawarman inilah kerajaan Tarumanegara berada di masa kejayaan.

Ada sekitar 48 kerajaan kecil yang berada di wilayah Salakanagara dan juga Rajatapura yang berada di bawah kepemimpinan kerajaan Tarumanegara. Wilayah yang ada di Jawa Barat menjadi kekuasaan penuh oleh kerajaan Tarumanegara. Batas wilayah antara kerajaan di Jawa Barat atau Sunda dengan kerajaan di Jawa adalah sungai Cipamal. Sungai Cipamal ini yang sekarang lebih Kita kenal sebagai Sungai Brebes.

Pada saat diperintah oleh Purnawarman, dibentuk sebuah ibukota baru yang menjadi pusat pemerintahan kerajaan besar ini. Pusat pemerintahan ini menjadi awal pembaruan kerajaan dan terletak di daerah yang berdekatan dengan pantai. Lokasi ini kemudian menjadi kota suci, yang diberi nama Sunda Pura. Selama itu pula mulai dibentuk dan dibangun berbagai prasasti yang menjadi peninggalan sejarah keberadaan kerajaan Tarumanegara.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *