Sejarah Buah Nanas Sebagai Buah Cantik yang Multifungsi

Sejarah Buah Nanas Sebagai Buah Cantik yang Multifungsi – Asal mula buah nanas pertama kali diperkenalkan oleh Columbus ke Eropa, dimana pada waktu itu buah nanas langsung menjadi populer.

Buah nanas merupakan salah satu makanan mewah dan eksklusif karena pohon dan buahnya memiliki bentuk yang unik dan cantik serta berasa segar dan manis sehingga disukai oleh para ibu rumah tangga di Eropa untuk beragam keperluan.

bungass

Diketahui bahwa kapal-kapal perdagangan mancanegara yang suka mampir kebeberapa pelabuhan terkenal di Eropa suka membawa buah nanas yang diawetkan dari pulau-pulau Karibia untuk dijual di negara-negara tetangga dengan harga sangat mahal.

Buah nanas segar bahkan memiliki harga paling mahal dan sulit diperoleh di luar Eropa karena hanya beberapa kapal dagang besar dan cepat saja yang mampu dan mau membawa buah nanas segar dalam kondisi baik ke resto-resto terkenal untuk dijadikan kudapan menarik seperti salad, selai, jus, suplemen, cake atau selai hingga manisan dan media untuk kecantikan kulit wanita.

Pada periode tahun 1527, bangsa Spanyol memperkenalkan buah nanas pertama kali ke Hawaii, di Big Island.

Selanjutnya dari sinilah diyakini bahwa buah nanas mulai menyebar dengan subur ke Asia dan negara-negara di Hindia Barat termasuk Indonesia sebagai buah paling segar diantara sejenisnya seperti apel dan jeruk tetapi pohon nanas hanya mampu tumbuh di wilayah-wilayah tropis saja sehingga membutuhkan waktu sekitar dua abad agar para petani di Eropa mampu menemukan sebuah metode untuk membudidayakan tanaman nanas agar bisa berbuah cepat, ukuran jumbo dan berasa manis.

Hingga abad ke 16, buah nanas tetap menjadi barang langka yang sifatnya sangat eksklusif dan mahal, lalu pada tahun 1720, ditemukan sebuah catatan kuno dalam  istana keluarga Spanyol di Madrid tentang asal mula buah nanas menjadi tanaman hias mahal dan mulai dibudidayakan secara komersil di Eropa pada tahun 1720 dan mengalami keberhasilan yang sangat gemilang.

Komersialisasi nanas dalam bentuk makanan kalengan pertama kali dilakukan dan diperkenalkan oleh seorang koki resto berkewarganegaraan Inggris bernama John Kidwell.

Beliau merintis usaha ini sejak tahun 1880 dan menjadi bisnis besar yang sangat menguntungkan.

Meskipun demikian, pada tahun 1898, Kidwell terpaksa menutup usahanya karena masalah pajak yang dikenakan oleh Pemerintah AS terlalu besar untuk industri pengalengan nanas pada saat itu masih termasuk sebuah usaha kecil mandiri. Tetapi beliau tetap berkarya dengan mengolah sajian menarik terbuat dari bahan dasar buah nanas untuk resto mewahnya di kota London.

Nah, menarik bukan mengetahui tentang sejarah buah nanas ? Nanas adalah buah yang bebas dari kandungan lemak dan kolesterol serta kaya akan kandungan vitamin C.

Baca Artikel Lainnya :

Selama anda tidak mengalami alergi gatal ketika mengkonsumsi buah nanas, maka jangan ragu untuk mengkonsumsi buah nanas semau anda untuk asupan harian.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *