Sejarah Cantik Taman Bunga The Gardens Of Versailles Di Perancis

Apakah anda adalah seorang penyuka traveling mancanegara yang suka jalan – jalan keluar negeri terutama ke kota Paris ? Di kota Paris anda bisa menghabiskan hari – hari liburan anda dengan menikmati sebuah istana yang memiliki taman megah nan klasik dan elegan khas istana Eropa ? Anda bisa datang ke Palace of Versailles.

Sebuah Estate yang dibangun oleh Raja Louis XIV sebagai simbol monarki absolut yang berlaku di kerajaan tersebut. Mereka mempunyai area seluas 800 hektar dengan sebuah bangunan utama yang megah dan sangat luas sebagai testimony of Sun King’s extravaganza. Tempat ini berlokasi sekitar 15 mil atau sekitar 25 km di sebelah barat daya kota Paris.

o 91

Hingga di tahun 1622, Louis VIX yang populer juga dengan sebutan The Sun King berminat besar pada Versailles. Karena faktor politik, beliau memindahkan Royal Residence dari Louvre Palace. Louis VIX inilah yang selanjutnya bertanggungjawab terhadap ekspansi pada Palace of Versailles yang hingga kini masih berdiri dengan megah.

Dalam proses pembangunan dan pengembangan istana yang baru, pengganti Louis XIII menyewa arsitek Louis Le Vau dan seorang artis cukup terkenal bernama Charles Le Brun untuk membuat model klasik istana yang akan ditempati oleh keluarga kerajaan Perancis dalam satu garis keturunan.

Ke masa depan, istana ini akhirnya menjadi model klasik terhadap semua istana di Eropa. Pada tahun 1715, kerajaan meninggalkan istana Versailles untuk alasan politik dan wabah penyakit. Sejak saat itu kondisi istana sangat memprihatinkan termasuk taman bunganya terbengkalai.

Tujuh tahun kemudian, penerusnya Louis XV kembali ke istana untuk menyelesaikan pembangunan dengan menambahkan satu buah air mancur berukuran besar di tengah – tengah taman bunga The Gardens Of Versailles yaitu The Neptune Fountain.

Beliau sangat mencintai dunia botani, maka dari itu ia membangun dan mengembangkan sebuah taman botani mulai tahun 1750. Seorang ahli taman bernama Claude Richard (1705-1784) dipercaya mengerjakan proyek besar tersebut.

Sebelas tahun kemudian, Louis XV menunjuk Ange-Jacques Gabriel untuk membangun sebuah istana baru berukuran lebih kecil dari bangunan utama istana bernama Petit Trianon sebagai kediamannya agar dapat lebih dekat menjaga taman bunga kesayangannya, namun pada tahun 1774, di sini juga ia meninggal karena penyakit cacar air yang sangat parah.

Versailles Perancis

Sejarah mencatat bahwa ribuan pekerja kasar dari pinggir Perancis turut menjadi bagian dalam pembangunan taman super indah di Eropa ini. Pohon – pohon unik didatangkan dari seluruh provinsi di Perancis hingga mancanegara dan bunga – bunga langka dari Asia pun turut ditanam di taman ini.

Banyak pengorbanan besar telah terjadi dibalik keindahan sebuah taman bunga Versailles saat ini yang telah dibuka untuk umum dimana mereka bisa sepuas hati memandang pesona natural dari sebuah taman bunga.

Seperti djelaskan di atas, taman bunga Versailles di Perancis erat kaitannya dengan sejarah Palace of Versailles milik raja Perancis yang tersohor di mancanegara. Versailles merupakan sebuah taman yang paling terkenal di dunia.

Dibangun untuk Louis XIV dan dirancang oleh Andre Le Notre, sejak awal taman ini dibangun adalah membutuhkan sebuah kerja keras yang luar biasa disiplin dalam proses pembangunan dan pengembangannya.

Sejumlah besar tanah kosong ditata ulang menjadi tempat tumbuh sekelompok tanaman bunga, orangerie, air mancur dan kanal. Sebelumnya, lahan ini hanyalah berupa sebuah hutan kecil, padang rumput dan rawa – rawa yang ditumbuhi oleh tanaman hias air liar yang hingga saat ini keberadaannya masih tetap dipelihara untuk kecantikan taman dengan pesona bunga ungu yang menawan hati.

Dari sekian banyak kecantikan dan keunikan sebuah taman bunga khas Lady Perancis tersebut di atas, The Garden of Versailles adalah taman yang mengusung desain dan bentuk yang paling unik diantara taman – taman sejenis di Eropa.

Siapapun yang pernah melihat dan berkunjung ke taman ini, pastilah akan takjub dan membawa pertanyaan ini pulang ke rumah masing – masing,  ‘ bagaimana bisa sekelompok manusia biasa mampu membentuk sebuah taman serumit dan seindah ini ? ’

Setiap tahun para wisatawan senang berdatangan ke masing – masing provence di Perancis hanya untuk melihat hamparan kebun bunga di masing – masing taman bunga dan satu yang terbesar adalah Versailles Perancis berisikan bunga – bunga mahal seperti lavender, poppies atau bunga matahari.

Meskipun pemandangan taman bunga biasa ada di Perancis, seperti versi pemandangan hidup yang berhasil direkam oleh para pelukis, tampak sangat indah dalam balutan warna – warna cerah seperti merah, kuning, oranye, putih, ungu, ping, dllnya.

Negara Dengan Pemilik Taman Bunga Terbaik Di Dunia

Sejak jaman dulu, benua Eropa terkenal mempunyai empat musim cantik di masing – masing tahunnya, dimana kedatangan musim bunga adalah kondisi alam yang selalu ditunggu – tunggu oleh para turis penggemar bunga kerana biasanya di musim ini banyak terdapat bunga – bunga di taman yang bermekaran.

Hamparan kebun bunga akan terlihat seperti sebuah ladang yang sebelumnya dominan oleh warna hijau akan berubah warna menjadi warna – warna penuh keceriaan dan berani.

Sebagian besar wilayah Versailles pinggiran dipenuhi oleh hutan – hutan kecil, padang rumput dan perkebunan sayur atau buah – buahan. Tak mengherankan jika Perancis termasuk sebagai tujuan lawatan terbesar untuk para pencinta bunga.

Pada saat musim bunga, anda akan dimanjakan oleh jejeran istana tua yang berlatar belakang hamparan bunga pada taman mereka. Bunga yang akan anda jumpai pada musim semi ini adalah poppi, aster dan red clover. Juga banyak dibudidayakan bunga anggrek khas kota Gentofte.

Berlibur ke taman bunga Versailles di Perancis selama musim bunga janganlah lupa untuk melihat hamparan cantik bunga – bunga tulip dan daffodil. Komposisi bunga lainnya meliputi berbagai macam tanaman hias khas Eropa seperti petunia, geranium, coleus, marigold, dan yang lainnya.

Pada hari – hari tertentu, taman ini didedikasikan untuk pasangan kekasih para remaja di kota Paris dalam menyambut hari Valentine yang membuatnya menjadi semakin populer di kalangan pasangan dan keluarga sebagai kawasan wisata yang nyaman buat berlibur.

Juga terdapat hamparan luas bunga tulip dimana pada masa bermekarannya, bunga tulip ini bisa dipetik dan dijual kepada para pengunjung sebagai buket bunga atau bahan membuat vas bunga ala orang Jepang, sangat cantik menghiasi taman bunga dalam balutan warna – warna pelangi pada saat musim semi tiba dimana semua bunga – bunga di taman bermekaran.

Baca Artikel Lainnya :

Musim ini terjadi sekitar bulan April sampai dengan September setiap tahun, luangkan waktu anda untuk berkunjung buat liburan dimana mata anda akan dimanjakan oleh hamparan bunga tulip yang sangat indah memanjakan mata anda.

Kunjungilah The Gardens of Versailles di Perancis, dimana anda akan dibantu untuk belajar sejarah kota Paris dan perkembangannya ke masa depan dengan hanya melihat tata taman bunga pada istana kerajaan mereka yang terkenal sebagai kelompok bangsawan pecinta bunga – bunga cantik di dunia.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *