Sejarah Dan Asal Mula Adanya Olimpiade

Olimpiade merupakan sebuah ajang olahraga tingkat internasional yang biasanya diadakan 4 tahun sekali. Ajang olahraga ini merupakan sebuah ajang pertandingan berbagai cabang olahraga musim panas dan juga musim dingin, ajang ini diikuti oleh ribuan atlet yang ada di seluruh dunia dalam berbagai pertandingan olahraga yang ada.

o 1

Atlet yang ikut berpartisipasi dalam ajang ini berasal dari lebih 200 negara.Asal mula olimpiade ini dilangsungkan pada masa Yunani Kuno, sampai akhir tahun 393 M olimpiade kuno ini diberhentikan oleh Theodosius (Kaisar Romawi). Namun pada tahun 1896, seorang bangsawan Prancis bernama Pierre Fredy Baron de Coubertin menghidupkan olimpiade ini.

Asal mula olimpiade juga dipengaruhi oleh kongres yang diselenggarakan tahun 1894, kongres ini diselenggarakan di Paris dan berhasil mendirikan IOC atau dalam bahasa Indonesia-nya berupa Komite Olimpiade Internasional.

Pada tahun 1896 diadakan olimpiade modern pertama yang bertempat di Athena – Yunani.Semenjak tahun tersebut (1896) sampai saat ini selama 4 tahun sekali senantiasa diadakan olimpiade internasional, kecuali tahun di saat terjadinya Perang Dunia II.

Selain dari ada olimpiade musim panas, dibuat juga olahraga pada musim dingin. Asal mula olimpiade ini diadakan pada tahun 1924, meskipun pada mulanya olimpiade musim dingin ini diadakan pada tahun yang sama dengan olimpiade musim panas.

Namun sejak tahun 1994, olimpiade musim dingin dilaksanakan 4 tahun sekali dengan selang waktu 2 tahun setelah diadakannya olimpiade musim panas.

Asal mula olimpiade yang ada saat ini merupakan salah satu evolusi yang dilakukan oleh IOC selama pada abad ke-20 dan juga abad 21, hal ini menyebabkan beberapa perubahan pada praktik penyelenggaraan olimpiade.

Ada banyak penyesuaian yang dilakukan, termasuk salah satunya yakni olimpiade musim dingin dengan menyelenggarakan olahraga es dan salju.

Baca Artikel Lainnya :

Para Olimpiade merupakan olimpiade untuk atlet yang memiliki kekurangan fisik, sedangkan untuk Olimpiade remaja untuk atlet remaja.

Asal mula olimpiade tidak berjalan dengan mulus dalam perkembangannya, berbagai tantangan juga sering dihadapi seperti pemboikotan, terorisme, penggunaan obat-obatan, dan juga penyuapan. Meskipun begitu, namun kegiatan olimpiade ini selalu rutin terlaksana hingga sekarang.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *