Sejarah dan Asal Mula Kue Dorayaki, Favorit Anak – Anak Di Jepang

Sejarah dan Asal Mula Kue Dorayaki, Favorit Anak – Anak Di Jepang – Di Jepang, asal mula terbentuknya kue dorayaki yang menjadi favorit anak – anak adalah berawal dari kue obanyaki yang pertama kali diciptakan lebih dikenal dengan nama kue imagawayaki (今川焼き?).

Obanyaki memiliki bentuk yang mirip dengan kue dorayaki saat ini, tapi kue obanyaki lebih tebal tekstur rotinya dibandingkan dengan dorayaki.

sahabatq

Obanyaki biasanya dipanggang secara langsung di hadapan para pembeli sedangkan dorayaki sudah selesai dipanggang sebelumnya lalu dijual dalam kemasan berupa kotak cantik lengkap dengan merek rumah produksi yang membuatnya.

Di Indonesia, kue ini pertama kali diperkenalkan bersamaan dengan diputarnya seri anime Doraemon dibeberapa stasiun televisi swasta.

Tokoh Doraemon memiliki kegemaran makan kue dorayaki, tapi dorayaki di Indonesia sudah mengalami penyesuaian dengan selera lokal, antara lain ada dorayaki berisi cokelat, rasa durian atau keju yang gurih.

Dorayaki sudah dikenal oleh warga Jepang sejak 800 tahun yang lalu, dan sekarang telah banyak beredar kue dorayaki dengan variasi rasa yang berbeda – beda dari aslinya yaitu coklat, cream, green tea, dan lain – lainnya.

Dorayaki dapat dengan mudah anda jumpai di konbini (mini market) di seluruh Jepang hingga ke pelosok desa.

Menurut teori asal – usul dorayaki, seorang pahlawan legendaris bernama Saito no Musashibo Benkei usai perang mengalami luka di sekujur tubuhnya yang sangat parah, Benkei dirawat oleh sepasang kakek – nenek di sebuah rumah sakit di salah satu kota tua di Jepang.

Pasangan tua itu kerap memberinya sebiji kue basah berbentuk bulat kecil yang dimasak di permukaan gong (alat khas orang Jepang buat memanggang kue). Setelahnya, kue ini diyakini menjadi awal mula terciptanya kue dorayaki pertama kali di Jepang.

Apa yang dapat anda bayangkan dari sebiji kue dorayaki ? Apakah Doraemon atau kelezatannya sebagai kudapan ringan yang disukai anak – anak di Jepang ?

Panganan khas Jepang ini begitu erat di telinga orang Indonesia. Namun sebaiknya anda perlu tahu seperti apa bentuk dan rasa dari kue ini yang di Indonesia memiliki kemiripan dengan kue terang bulan hanya saja bentuknya berbeda.

Bentuk dorayaki mirip dengan piring terbang (UFO), terdiri dari dua buah pancake yang ditangkupkan menjadi satu.

Awal terciptanya dorayaki original hanyalah mempunyai satu sisi saja sedangkan dorayaki modern diperkenalkan pada tahun 1914 oleh seorang koki resto di Tokyo bernama Ueno Usagiya.

Dorayaki berbeda dengan kue terang bulan, mempunyai keunikan pada rasanya yaitu manis yang khas tercipta dari campuran beberapa bahan seperti kacang merah, gula pasir, dan susu cair.

Sedangkan kulit dorayaki terdiri dari tepung dan campuran beberapa bahan lain seperti membuat adonan kue terang bulan biasa di Indonesia hanya saja diberi tambahan berupa susu, mentega dan keju.

Yang terpenting dari keberhasilan anda membuat dorayaki terletak pada pembuatan adonan untuk kulitnya, takaran bahan harus pas dan bagus dalam menguleni sehingga menghasilkan cita rasa kulit kue yang empuk dan tidak bantat atau keras.

Baca Artikel Lainnya :

Jika anda ingin mencoba praktek membuat kue dorayaki di rumah, silahkan mencari resep lengkapnya di web site terkait. Selamat mencoba !

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *