Sejarah dan Asal Mula Pramuka Dunia

Pada tahun 1908  seorang berdarah Inggris bernama Baden Powell menulis pengalamannya dalam acara kepramukaan yang ia rintis. Kumpulan tulisannya ini dibukukan yang berjudul “Scouting For Boys”.

Buku ini dengan cepat menyebar di Inggris dan Negara-negara lain yang kemudian mendirikan kepramukaan.

p 5

Kepramukaan ini pada awalnya hanya untuk laki-laki saja, akan tetapi atas bantuan adik Baden Powell yang bernama Agnes akhirnya kepramukaan untuk wanita didirikan. Pada tahun 1916 barulah didirikan kepramukaan untuk usia siaga dengan nama anak serigala.

Pada tahun 1920 di London diselenggarakan Jambore Dunia pertama tepatnya, di Olympia Hall yang terdiri dari 27 negara, pada saat itulah Baden Powell diangkat menjadi Bapak Pandu Sedunia. Jamboree dunia selanjutnya berturut-turut dilaksanakan di berbagai Negara. Diantaranya Ermelunden Denmark dsb.

Gagasan Boden Powell ini dengan cepat menyebar ke berbagai Negara. Belanda membawa gagasan yang disebut Padvinder ini ke Indonesia dengan nama NIPV (Nederland Indische Padvinders Vereeniging) yang dalam bahasa Indonesia adalah Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda.

Para pemimpin gerakan Nasional membentuk organisasi ini untuk menciptakan warga Indonesia yang baik dan menjadi kader mereka dalam pergerakan Nasional. Di Indonesia terdapat macam-macam organisasi kepanduan.

Pemerintah Hindia Belanda melarang menggunakan Istilah Padvindery, K.H. Agus Salim kemudian menggunakan nama Kepanduan di Indonesia. Dengan adanya Sumpah Pemuda yang menumbuhkan rasa kesadaran Nasional, pada tahun 1930 organisasi kepanduan yang terdiri dari Pandu Kesultanan (PK), Pandu Pemuda Sumatra (PPS) bergabung menjadi Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI).

Pada tahun 1931 kemudian terbentuklah Persatuan antar Pandu Indonesia (PAPI) yang kemudian pada tahun 1938 berubah menjadi BPPKI (Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia).

Baca Artikel Lainnya :

Sayangnya pada masa kependudukan Jepang Kepanduan dilarang  di Indonesia, dan banyak tokoh pandu yang masuk Keibondan, Seinendan, dan PETA.

Kantor kepramukaan sedunia kelompok putra mempunyai 5 kantor yaitu Costa Rica, Mesir, Filipina, Swiss, dan Nigeria. Kantor kepramukaan putrid bermarkas di London dengan mempunyai 5 kantor di belahan dunia.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *