Sejarah dan Asal Mula Tiramisu Sebagai Dessert Klasik

Sejarah dan Asal Mula Tiramisu Sebagai Dessert Klasik – Anda pastilah penyuka dessert bernama tiramisu. Secara harafiah, tiramisu dalam bahasa Inggris mengandung arti pull me up yaitu sensasi rasa yang sangat menggoda dari efek campuran kopi pada adonan cake dan rasa manis dari gula dan bahan yang lainnya mampu membuai lidah anda bergoyang setelah menikmatinya.

tiramisu

Tapi sebenarnya apakah anda tahu darimana asalnya cake tiramisu sebagai sajian penutup favorit di resto atau hotel – hotel mewah ?

Menurut sejarah kuliner mancanegara, tiramisu yang berupa cake berlapis biksuit renyah dan dibalut krim serta keju mascarpone yang sangat lembut di lidah tersebut pertama kali diperkenalkan di Italia oleh orang Yunani yang bekerja pada resto – resto mewah dibeberapa kota besar di Italia.

Dimana diketahui bahwa resep tiramisu asli mirip dengan resep kue – kue hidangan penutup yang banyak ditulis pada kumpulan buku masak Yunani kuno sebagai masterpiece cake sedunia.

Pertama kali diciptakan, cake ini dikenal dengan nama Tuscan Trifle atau Zuppa Inglese adalah tiramisu kuno yang berbentuk puding dan nampak seperti makanan penutup lainnya, terbuat dari bahan dasar berupa sponge cake atau lady fingers yang dicelupkan ke dalam larutan liquor lalu dilapisi dengan parutan cokelat dan keju serta disiram dengan larutan puding bening. Di Siena, provinsi barat laut Italia, yaitu kota Tuscany.

Makanan penutup yang klasik ini pertama kali diciptakan untuk fungsi dessert pada acara makan besar yang diselenggarakan di istana kediaman Pangeran Cosimo Medici III (1642-1723).

Saking lezatnya, sang pangeran kemudian membawa dan menyebarkan resep kue ini ke Florence pada tanggal 24/12/1969 dan diteruskan kebeberapa resto mewah di kota Treviso dekat Venice oleh Sottotreviso adalah kepala koki disebuah resto mewah Treviso, dekat Venice.

Di abad ke-19, cake tiramisu menjadi sangat terkenal hingga ke seluruh dunia terutama diantara para intelektual dan seniman Inggris yang bermukim di Florence.

Makanan penutup ini selanjutnya dibawa ke Inggris dan banyak yang menyukainya. Baru pada tahun 90-an, tiramisu diperkenalkan di Amerika, persisnya di kota San Fransisco.

Yang membuat sajian penutup ini bersifat klasik adalah tambahan topping dari biskuit savoiardi atau lady’s finger yang disusun sedemikian rupa lalu dilapisi dengan adonan yang terbuat dari campuran krim kocok dan parutan keju mascarpone.

Tambahan cokelat dan air kopi serta gula ke dalam adonan akan membuat tiramisu semakin wangi dan berasa legit di lidah.

Dalam perkembangannya, tiramisu ditambahkan dengan sponge cake. Tampilan elegan terakhir dari tiramisu adalah menyerupai cake tart pada umumnya sehingga lebih populer dengan nama tiramisu cake.

Meskipun demikian, ciri khas dari tiramisu adalah taburan bubuk kakao di atasnya. Ukuran cake ini tergolong mini yaitu sekitar 10×6 cm.

Memakannya biasa memakai sendok sehingga digolongkan sebagai hidangan “alcucchiaio / dengan sendok”.

Tiramisu oleh berbagai restoran saat ini telah diadaptasi menjadi variasi dessert yang beragam, mulai dari tampilan seperti cake biasa hingga berupa tiramisu puding.

Bentuknya pun sangat beragam sesuai dengan cetakan yang digunakan, ada berbentuk kotak, bulat, bintang bahkan di Jepang telah tercipta cake tiramisu dengan bentuk binatang kesayangan atau buah – buahan favorit untuk tujuan menarik minat anak – anak agar mau makan banyak sehingga tubuh mereka menjadi gemuk dan sehat.

Rasa dasar cake tiramisu ini juga beragam, ada yang berasa kopi, stroberi, lemon, coklat, bahkan dengan campuran rum.

Setelah anda mengetahui tentang sejarah terciptanya tiramisu sebagai dessert klasik dunia, kemanisan dan kelembutan cake menjadi favorit dan kegemaran masyarakat di mancanegara termasuk anda bukan ?

Baca Artikel Lainnya :

Anda bisa membuatnya di rumah atau membeli dan memesan pada toko kue di sekitar tempat anda tinggal. Selamat mencoba !

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *