Sejarah dan Asal Usul badminton di Indonesia dan Didunia

Pernah mendengar badminton atau permainan bulu tangkis, olahraga badminton ini sangat favorit diganndrungi oleh masyarakat pada umumnya, namun seiring kalian menyukai olahraga badminton, tahukah kalian berasal dan bagaimana olahraga tersebut dinamakan?

g 108

1. Sejarah Badminton Di Dunia

Perlu kalian ketahui bahwa nama badminton berasal dari nama gedung yang bernama Badminton House yang terletak di kota Glodiucester Inggris, jika di Indonesia dikenal dengan nama Bulu tangkis.

Sejarah asal mula permainan olahraga badminton terkenal dari sebuah permainan yang biasa dimainkan para etnis Tionghoa, dalam hal ini permainan Jianzi tetapi hanya menggunakan kok tanpa menggunakan raket.

Cara memainkannya cukup dengan kaki, seperti menjugling bola takraw. Penilaian atau penentuan pemenang dalam permainan jianzi berdasarkan lamanya menjugling “kok” sampai tidak jatuh ke tanah.

Sedangkan di Inggris pada zaman peradaban pertengahan, terdapat juga sebuah permainan yang dikhususkan bagi anak-anak yaitu disebut dengan “Battledores” dan “Shuttlecocks” yang saat itu merupakan menjadi sangat populer.

Berbeda dengan permainan Jianzi di China, anak-anak di Inggris menggunakan alat pemukulnya dengan “Battledores”, dengan penilaian dan penentuan yang sama dengan permainan Jianzi yaitu harus menjaga “kok”/ “Shuttlecocks” tetap di udara dan tidak jatuh ketanah.

Terkait dengan hal di atas, orang inggris membawa permainan tersebut ke daerah China, Jepang,dan Thailand ketika Inggris mengolonisasi.

Singkat cerita tentara inggris di India membuat tambahan tongkat dengan jaring (raket), karena dibuat pada daerah Pune namanya permainan tersebut di sebut Poona.

Kemudian tentara tersebut membawa permainan Poona ke inggris (1850), dan tepat pada tahun 1860 nama berubah menjadi Badminton battledore dalam pamflet Isaac Pratt.

Rentetan peraturan pertama kali dibuat oleh klub badminton Bath tahun 1877 di Inggris.

2. Sejarah Badminton di Indonesia

Pada zaman kolonialisme banyak  terdapat asosiasi bulutangkis di Indonesia yang bergerak mandiri, walaupun telah diketahui terdapat beberapa asosiasi pada saat itu, sejarah asal mula badminton di Indonesia masih belum dapat diketahui dengan pasti, dapat dikatakan masih dalam misteri.

Akhirnya pada tanggal 3 Mei 1951 tepatnya di kota Bandung, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia atau yang biasa di singkat PBSI terbentuk.

Baca Artikel Lainnya :

Dengan terpilihnya ketua umum A. Rochdi Partaatmadja, pada ketua I : Soedirman, pada Ketua II : Tri Tjondrokoesoemo, pada Sekretaris I : Amir, pada Sekretaris II : E. Soemantri, pada Bendahara I : Rachim, dan pada Bendahara II : Liem Soei Liong.

Dengan terbentuknya pondasi organisasi tersebut, akhirnya membuat perkembangan dalam sejarah bulu tangkis Indonesia semakin memberikan sinergi yang positif, terlebih pada tahun 1992, dalam ajang bulu tangkis resmi yang dipertandingkan dalam ajang Olimpiade, Indonesia memperoleh 2 medali Emas.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *