Sejarah dan Asal Usul Berdirinya Amerika

Siapa yang tak kenal dengan Amerika Serikat? Ya Amerika merupakan salah satu negara yang kerap menjadi pusat perhatian dunia. Namun ternyata tidak ada catatan resmi asal usul masyarakat Amerika dapat menempati negara dengan luas wilayah sekitar 9,8 juta km2 tersebut.

Kebanyakan tokoh menyatakan bahwa penduduk Amerika sebelumnya melakukan migrasi dari Eurasia sebelum akhirnya sampai ke negeri paman sam ini. Para imigran ini juga melewati Beringia.

k 28

Beringia adalah daerah yang menjembatani Siberia dengan Alaska pada zaman es. Migrasi tersebut diperkirakan terjadi sekitar 30.000 tahun yang lalu.

Selain imgrasi, Columbia juga dianggap tokoh penting yang menyatukan seluruh bagian Amerika. Penyatuan tersebut terjadi sebelum adanya pengaruh Eropa kepada Amerika.

Salah satu tokoh ternama lainnya yang memegang peran penting terbentuknya salah satu negara super power tersebut adalah Christopher Columbus. Pada 1493, Columbus melakukan penjelajahan kedua hingga Puerto Rico dan beberapa wilayah Florida pada 1513.

Tak perlu waktu lama bagi pria asal Spanyol ini untuk memperluas wilayah jelajahnya. Pada 1540, Columbus menginjakkan kakinya di pegunungan Appalachia, Great Plains, Grand Canyon, dan sungai Mississippi.

Bahkan beberapa wilayah yang sempat dijadikan tempat menetap Columbus seperti San Antonio, Albuquerque, Los Angeles, Texas, Tucson, New Mexico, Arizona, California, serta San Fransisco kini telah menjadi kota-kota besar di Amerika.

Sebagai salah satu bangsa besar pada masa itu, bangsa-bangsa Eropa seakan tidak ingin kalah. Beberapa bangsa Eropa juga melakukan penjelajahan hingga ke tanah Amerika.

Namun bangsa Eropa tidak datang dengan tangan kosong. Para penjelajah ini membawa kuda, sapi, dan babi ke wilayah Amerika. Seakan melakukan hokum dagang, para bangsa Eropa tersebut mengambil kalkun, kentang, tembakau, dan beberapa hasil bumi lainnya untuk dibawa ke negara mereka.

Pada tahun 1607, bangsa Inggris berhasil mendirikan wilayah koloni pertama di sekitar Sungai James Virginia. Perkembangan Inggris di negeri paman sam tersebut berlanjut hingga 1620. Pada 1620, kawasan New England resmi didirikan.

Seakan tidak ingin berhenti di situ. Bangsa Inggris kembali memperluas kawasannya dengan membangun Massachusetts Bay Colony pada 1630.

Kekelutan peraturan yang merugikan rakyat juga ternyata menghiasi sejarah pembentukan Amerika. Pada 1773 terjadi protes yang dilakukan oleh masyarakat Kota Boston.

Protes tersebut mencuat usai adanya peraturan mengenai pengaturan pajak mengenai komoditi teh. Kegiatan protes tersebut dikenal dengan nama Boston Tea Party. Amerika resmi merdeka pada 4 Juli 1776.

Baca Artikel Lainnya :

Meski telah merdeka, kejayaan Inggris di tanah Amerika mulai memudar beberapa tahun setelahnya. Hal tersebut ditandai oleh kemunduran pasukan Inggris akibat kalah dari perang.

Bahkan salah satu tokoh yang berperan penting dalam sejarah Amerika, Washington menyaksikan mundurnya pasukan Inggris yang ditandai dengan keluarnya pasukan Inggris dari New York pada 1783.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *