Sejarah dan Asal Usul Mata Uang Indonesia adalah Rupiah

Indonesia adalah Negara yang merdeka pada tahun 1945, tepatnya hari jum’at jam 10.00 AM. Terlepas dari penjajahan belanda sekaligus hadiah perang dunia ke II, Jepangpun harus hengkang dari Indonesia karena posisi negaranya ada pada posisi yang sulit.

Pada perjalanannya bangsa yang disebut sebagai hindia belanda ini, menggunakan mata uang gulden yaitu mata uang belanda.

S 145

Seiring perjalanan-Nya alat tukar yang digunakan adalah ORI (Oeang Republik Indonesia), namun sayang penggunaannya hanya berlangsung 4 tahun saja, yaitu dari tahun 1945-1949. Setelah itu penggunaan ORI digantikan dengan mata uang baru yaitu Rupiah.

Kata rupiah adalah kata yang berasal dari rupia ( bahasa mongol), yang berarti perak, walaupun ada yang mengatakan bahwasanya kata “Rupiah” berasal dari kata Rupee (mata uang India). Tapi secara historis biasanya orang Indonesia sering mengungkapakan rupiah menjadi perak.

Namun, penggunaan ORI secara sah barru dimulai semenjak diresmikannya mata uang ini oleh pemertintah sebagai mata uang Indonesia pada 30 Oktober 1946.

Pada masa awal, ORI dicetak oleh percetakan Canasius dengan bentuk dan desain yang sangat sederhana serta menggunakan serat halus sebagai pengaman, sehingga ORI pada masa itu masih tergolong sebagai mata Uang yang sangat sederhana dibanding dengan mata uang yang beredar.

Sejak 2 november 1945, atau tepat empat tahun setelah kemerdekaan, Indonesia resmi menggunakan Rupiah sebagai mata uang yang baru, walaupun ada beberapa provinsi yang mempunyai variasi Rupiah yang berbeda, dan dihapuskan penggunaannya pada tahun 1964 di Riau dan 1974 di Irian Barat.

Mata Uang ini dicetak dan diatur penggunaannya oleh bank Indonesia dengan kode ISO4217IDR. Secara tidak formal orang Indonesia menyebut dengan sebutan “ perak” satuan Rupiah dibagi menjadi 100 sen.

walaupun inflasi menjadikannya tidak digunakan lagi kecuali pada pencatatan dipembukuan bank, apalagi setelah krisis moneter pada  tahun 1998 menyebabkan nilai rupiah jatuh sebanyak 35% dan membawa kejatuhan rejim soehartoo yang sudah memerintah selam 30 tahun lebih.

Baca Artikel Lainnya :

Penggunaan pecahan terkecilnya yaitu RP.100,00 padahal sebelum itu penggunaan Rp. 25,00 dan Rp, 50,00 masih sering digunakan,

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *