Sejarah Dan Asal usul Pembentukan Pemerintahan Republik Indonesia

Sejarah Dan Asal usul Pembentukan Pemerintahan Republik Indonesia – Pemerintah Indonesia merupakan tatanan hukum yang dibentuk setelah meninggalkan tatanan hukum zaman belanda maupun jepang.

Setala dikumandangkannya proklamasi para pemimpin bangsa Indonesia membentuk sistem pemerintahan yang mandiri dikarenakan bangsa sudah merdeka.

Untitled

Sehari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia atau tepatnya 18 agustus 1945 Mulai disahkannya UUD 1945  sebagai bentuk landasan utama mengatur pemerintahan. Dengan begitu Indonesia sudah dapat menentukan arah pembangunannya berdasarkan landasan hukum yang sudah ditetapkan tersebut.

Setelah Undang-undang ditetapkan ddilanjtkan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden. Calon yang ditetapkan pada awal pemerintahan bangsa Indonesia  saat itu adalah Soekarno dan Hatta.

Berdasarkan Musyawarah dan mufakat akhirnya ditatapkanlah sekarno sebagai Pucuk pimpinan di Pemerintahan Republik Indonesia.

Setelah kepemimpinan di pemerintahan ditetapkan kemudian dilanjutkan dengan pembagian territorial wilayah Indonesia. Tepatnya pada tanggal 19 agustus 1945 Wilayah Indonesia ditetapkan menjadi 8 bagian provinsi meliputi dari jawa barat, jawa timur, jawa tengah, Kalimantan Sulawesi, Maluku, DI Yogyakarta hingga sumatera.

Setelah pembagian provinsi jelas ditentukan, maka dilanjutkan dengan para pemimpin yang akan memimpin di kementrian serta provinsi.

Akhirnya diputuskan untuk dibentuk tiga belas kementrian di pemerintahan saat itu. Kemudian dalam kementrian tersebut ditetapkan pula dua belas departemen dan satu kementrian Negara.

Tidak lama setelah penetapan kementrian tersebut tepatnya tanggal 22 agustus 1945 di lanjutkan dengan pembentukan KNIP atau disebut juga dengan Komite Nasional Indonesia Pusat.

Dimana fungsi dari Organisasi tersebut adalah mengawasi jalannya pemerintahan dan membantu menetapkan Garis-garis Besar Haluan Negara atau GBHN.

Baca Artikel Lainnya :

Setelah tertata semua sistem kepemimpinan di pemerintahan, maka pada tanggal 23 agustus 1945 dibentuk dan disahkannya Badan kepolisian yang berfungsi untuk mengamankan rakyat yang dikenal dengan Badan Keamanan Rakyat atau BKR.

Seiring dengan perkembangan keamanan yang makin rentan karena masih ada tentara sekutu yang masuk maka badan pertahanan pun semakin besar sehingga disebut dengan Tentara Keamanan Rakyat atau TKR. Sebagai warga Negara Indonesia yang baik sudah sewajarnya mengetahui sejarah terbentuknya pemerintahan bangsanya sendiri dahulu hingga sekarang.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *