Sejarah dan Asal Usul Pencak Silat di Indonesia

Indonesia kaya dengan berbagai budaya. Pencak silat salah satunya budaya nenek moyang yang telah tumbuh dan berkembang kemanca Negara.

Pencak silat telah lahir di bumi pertiwi Indonesia sejak peradaban manusia, dari zaman prasejarah ilmu beladiri sederhana telah lahir untuk mempertahankan hidupan dari lingkungan yang ganas.

p 6

Ketika pada zaman kerajaan, bela diri tumbuh sebagai alat untuk kekuasaan, baik berfungsi mempertahankan kerajaan atau untuk menyerang lawan. Pada tahun 1041 istilah untuk pencak silat muncul pada zaman kerajaan Kahuripan yang diberi nama “Eh HokHik”.

Pencak silat juga sangat berguna untuk membantu mempertahankan Negara dari penjajahan dan mengusirnya.

Seni beladiri ini dikenal secara luas di penyebaran suku bangsa Melayu diantaranya terdapat di Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Filipna, dan Thailand.

Peranan pelatih asal Indonesia yang gigih mempunyai kedudukan penting terhadap Negara-negara yang mengakui Beladiri, Vietnam pada akhirnya melahirkan pesilat-pesilat yang super karena peranan pelatih Indonesia yang gagah dan tidak pernah menyerah.

Pencak silat di Indonesia mempunyai induk organisasi pencak silat (IPSI) Ikatan Pencak SIlat Indonesia. Negara penyebar bangsa Melayu adalah pewadah yang mewadahi persatuan-persatuan pencak silat di dunia antara lain Persekutuan Pencak SIlat Antar Bangsa (Persilat).

Pencak silat itu adalah sebuah olahraga yang tidak hanya asal-asalan. Olahraga beladiri ini memerlukan banyak konsentrasi. Pengaruh dari berbagai agama di Indonesia bisa menambah dan melahirkan macam-macam pencak silat ini.

Baca Artikel Lainnya :

di Indonesia juga terdapat banyak aliran pencak silat di antaranya aliran Ciman dedan CIkalong yang berasal dari Jawa Barat. Jawa Tengah juga mempunyai aliran sendiri yaitu Merpati Putih, bagi anda yang berasal dari Jawa Timur tentu juga memiliki aliran yang khas yaitu Perisai Diri.

Dengan banyaknya aliran ini pula menunjukkan bahwa Indonesia kaya budaya masyarakat. Lomba Pencak silat juga diadakan sebagai alat pemersatu Nusantara mengharumkan nama bangsa, serta menjadi identitas bangsa. Perlombaan pencak silat dipertandingkan juga dalam SEA Games.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *